Rabu, 17 Juli 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

Ini Dia Jumlah Iuran Baru BPJS Kesehatan Per April 2016

Rabu, 16 Maret 2016 | 19:32:03 WIB wib Dibaca: 262 Pengunjung

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Cabang Jambi, mensosialisasikan peraturan Presiden No. 19 tahun 2016 tentang perubahan kedua atas peraturan Presiden No. 12 tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan, di ruang rapat Gedung BPJS Kesehatan Jambi.

Dalam peraturan presiden tersebut, ada beberapa poin penting, seperti penyesuaian iuran peserta BPJS, yang akan diberlakukan per April 2016 mendatang.

Hal tersebut dikatakan oleh Aswalmi Gusmita, selaku PPS kepala Cabang BPJS Kesehatan Jambi, saat melakukan konferensi pers. Dirinya mengatakan, besaran iuran peserta bpjs kesehatan untuk kategori peserta pekerja bukan penerima upah (PBPU), kelas I besaran iuran naik sebesar Rp 20.500 dari besaran awal Rp59.500 menjadi Rp80.000 per orang per bulan. Peserta BPJS untuk kelas II dari Rp42.500 menjadi Rp51.000 per orang per bulan. Dan terakhir untuk kelas III dari Rp25.500 menjadi Rp30.000 per orang per bulan.

Penyesuaian iuran peserta BPJS tersebut sudah mempertimbangkan perhitungan aktuaris para ahli. Termasuk juga rekomendasi dari Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN)

Dalam aturan Perpres, bahwa tiga opsi yang bisa diambil untuk keberlanjutan program. Seperti, mengurangi manfaat, penyesuaian (menaikkan) iuran, mengalokasikam dana tambahan dari APBN.

Dalam opsi tersebut, pihak BPJS memilih opsi penyesuaian (menaikkan) iuran  sebagai pilihan untuk mendorong keberlangsungan program.

"Kalau mengurangin manfaat tidak dilakukan pemerintah mengingat manfaat yang sudah ada.makanya dipilih opsi penyesuaian iuran," terangnya.

"Seperti untuk kelas 3 naik menjadi 30 ribu inipun masih dibawah buttom line yang direkomendasikan DJSN sebesar Rp 36 ribu. Artinya ini tidak naik dari yang seharusnya, sehingga ada opsi ketiga yaitu mengalokasikan dana tambahan dari apbn sudah disiapkan," tutupnya. (Tso)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top