Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Sosial & Budaya

IMIGRASI JAMBI CATAT ADA SEBANYAK 451 WARGA ASING BERKUNJUNG KE JAMBI

Sabtu, 18 Februari 2017 | 20:58:47 WIB wib Dibaca: 692 Pengunjung
ilustrasi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI – Kepala Seksi Status Keimigrasian Provinsi Jambi, Yugo Prakoso menyatakan, Kantor Imigrasi Kelas IB Jambi mencatat selama bulan Januari 2017  sebanyak 451 warga negara asing (WNA) berkunjung ke Provinsi Jambi.

Dari Ratusan warga asing ini, juga terdata warga negara Tiongkok (China) yang mendominasi dan paling banyak mendatangi provinsi Jambi baik dalam hal bekerja, menetapkan diri, ataupun hanya sekedar berlibur dan lainnya.

"Dari negara asing tersebut, warga negara China yang paling banyak mendatangi Jambi, baik dalam izin bekerja di kawasan industri ataupun izin menetap di Jambi,” kata yugo kepada sejumlah awak media usai menggelar acara Coffe Morning di kantor Kemenkumham Jambi bersama insan pers, Jum'at (16/2/2017) kemarin.

Sedangkan untuk negara asing lainnya seperti Korea, India Pakistan, Jepang itu kebanyakan dari mereka hanya sekedar berkunjung, dan ada juga sebagian bekerja.

Selain berkunjung dan statusnya bekerja di jambi, Yugo menambahakan, untuk warga negara asing seperti negara tetangga Malaysia yang berkunjung ke provinsi Jambi, untuk menimba ilmu pendidikan di salah satu kampus Islam di Jambi.

"Nah, dari berbagai WNA yang terdata itu, semuanya tercatat di tiga kantor imigrasi, baik kantor imigrasi Kuala Tungkal, kantor Imigrasi Jambi maupun kantor Imigrasi Kerinci,"tukasnya.

Sejauh ini untuk warga negara asing yang tidak terdata atau ilegal mendatangi provinsi Jambi belum ada ditemukan dilapangan selama awal Januari hingga pertengahan Februari 2017.

Dirinya menegaskan, bagi WNA yang ilegal dalam penyalahgunaan izin tinggal ataupun izin bekerja sejauh ini belum ditemukan dilapangan,” semuanya saat ini terdata oleh kita," sambungnya.

“Jikapun itu ada kita temukan dilapangan yang tidak memiliki izin maka akan kita lakukan penindakan. Apalagi selama tahun 2016 lalu, kita telah deportasi 12 WNA karena melakukan pelanggaran,"tuntasnya. (Uti)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top