Senin, 22 Januari 2018 |
FokusJambi

Ikan Hias Bala Shark Terancam Punah

Selasa, 28 April 2015 | 18:39:24 WIB wib Dibaca: 1374 Pengunjung
ilustrasi Dok : Google

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ikan hias asli dari Jambi yakni Ikan Bala Shark atau ikan Ridi Angus terancam punah. Saat ini jumlah ikan tersebut di Provinsi Jambi sangat sedikit.

"Untuk ikan-ikan langka yang ada di Provinsi Jambi, yang jelas-jelas hampir punah itu Ikan Bala Shark dan bahasa Jambinya ikan Ridi Angus," kata Temawisman Kabid Perikanan Budidaya Provinsi Jambi.

Umumnya ikan Bala Shark hidup di perairan air tawar, seperti di sungai batanghari, ada yang dimuara Jambi dan ada juga di suaka perikanan di danau maligai.

"Seperti Ikan Elang atau ikan sumatra biasa yang hidup di Jambi, sudah mulai langka juga, tapi setiap musim hampir ada, namun tidak banyak," ucapnya.

Ikan tersebut terancam punah dikarenakan pada zaman dahulu dilakukannya pengkapan besar-besaran untuk kepentingan pribadi dan di ekspor keluar negeri.

"Terancam punah, karena dulu-dulu hampir kayak ikan merah, bajubang, itu jumlah tangkapan yang over dan dibawa ke singapura untuk di ekspor," ucapnya.

"Karena itu proses alami, tidak bisa kita kembang biakkan, waktu lagi banyak di tangkap dan diekspor," tutup nya.

Langkah yang kita lakukan pihak Dinas Perikanan Provinsi Jambi dari 2013, apabila setiap kegiatan pihaknya akan melakukan restocking yang di belinya dari jawa.

Upaya kami dari tahun 2013, yang saya tahu itu, setiap ada kegiatan melakukan restocking walaupun itu di beli dari jawa, beli anak-anakkan nya dari jawa dan dikirim ke lubuk-lubuk larangan, suaka-suaka perikanan. Sesuai dengan habitat tempat hidup ikan Bala Shark tersebut," tutup nya.(Tri)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top