Kamis, 22 Agustus 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Hipatala-Lh Kibarkan Bendera AG Di Bukit Serelo

Selasa, 31 Mei 2016 | 15:07:37 WIB wib Dibaca: 756 Pengunjung
Hipatala-LH Garis Milang berhasil mengibarkan bendera Asian Games 2018 di Bukit Selero di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

FOKUSJAMBI.COM, PALEMBANG - Himpunan Pencinta Alam dan Lingkungan Hidup atau Hipatala-LH Garis Milang berhasil mengibarkan bendera Asian Games 2018 di Bukit Selero di Desa Ulak Pandan, Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Rilis diterima Antara, Selasa, menyebutkan bahwa pendakian ini berlangsung pada 12-15 Mei 2016 yang merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-147 Kabupaten Lahat dan sosialisasi Asian Games ke 18 Tahun 2018.

Penanggung jawab kegiatan Andra Juarsyah mengatakan tim berhasil mengibarkan bendera Asian Games dan spanduk dukungan Asian Games ke 18 di puncak Bukit Serelo dengan ketinggian kurang lebih 780 meter di atas permukaan laut (mdpl) yang merupakan kawasan hutan konservasi.

Jarak tempuh perjalanan dari ibukota Kabupaten Lahat ke Pintu Rimba (titik awal pendakian) lebih kurang 40 Km dengan waktu satu jam, kemudian dilanjutkan ke Simpang Kedaton untuk mendirikan tenda.

Jalur pendakian yang ditempuh cukup sulit karena melalui perkebunan karet warga, perkebunan kopi, dan durian.

Pada hari kedua, tim menuju Kedaton I yang memiliki sumber air dan pohon pelindung.

Kemudian perjalanan dilanjutan ke Kedaton II yang merupakan titik awal pemanjatan tebing Bukit Serelo dengan tinggi lebih kurang 150 meter dari kedaton II.

Pada hari ketiga, tim pemanjat mulai melakukan pembersihan area puncak untuk pemasangan tiang bendera Asian Games.

Pada hari keempat pada pukul 15.30 WIB dilakukan pengibaran bendera, dan tim mulai menuruni bukit menuju ke Pintu Rimba pada pukul 19.00 WIB.

Kegiatan ini Andra Juarsyah selaku penanggung jawab dan sekaligus Ketua Harian FPTI Lahat, Heri Hartono, Redi Muchady, Dedy Syalendera, Muhammad Fadilah, Arif Yoga Rianda, Mustaqim, Tomi Prakasa, Adi, Dendi Saputra, Zeldy, Tomy Pandrika, Azhari. (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top