Rabu, 15 Agustus 2018 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

HILANG KESEIMBANGAN, TRUCK BERMUATAN BAHAN KIMIA CAIR TUMPAH KE JALAN

Kamis, 08 Maret 2018 | 16:00:19 WIB wib Dibaca: 364 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, KUALA TUNGKAL- Truk bermuatan bahan kimia jenis Natrium Hidroksida terbalik di tikungan Jalan Lintas Timur Sumatera, tepatnya di Kelurahan Rantau Badak, Kecamatan Muara Papalik. Truk bernomor polisi BK 9360 LO ini diketahui dari arah Jambi, tiba-tiba terguling diduga kehilangan keseimbangan.

Camat Muara Papalik, Drs Ridwan membenarkan peristiwa terbaliknya truk tersebut. Kata dia, terbaliknya truk dikemudikan oleh Janson, terjadi karena truk dari arah Jambi tersebut tidak kuat membawa beban hingga akhirnya terguling.

"Truk terguling ini mengangkut diduga bahan kimia, tapi kita tidak tahu apakan betul zat kimia atau tidak. Terus akibat terbalik banyak cairan diduga bahan kimia tumpah ke jalan dan mengalir ke bahu jalan,” jelas Ridwan.

Atas kejadian tersebut guna mengantisipasi kekhawatiran terjadinya pencemaran jika itu benar zat kimia berbahaya, kata Ridwan, pihaknya langsung melaporkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tanjabbar untuk melakukan pengecekan.

" Kita khawatir saja zat cair yang tumpah di jalan itu mengandung zat kimia berbahaya kalau sempat mencemari lingkungan," tutur Ridwan.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suparjo SE membenarkan jika hal itu zat kimia jenis Natrium Hidroksida (NaOH) atau sering disebut soda api yang banyak kegunaannya dalam industri seperti untuk pembuatan produk berbasis larutan seperti pembersih, sabun, pemurnian air dan lainnya.

"Namun zat kimia NaOH tersebut tidak menimbulkan pencemaran berbahaya jika larut ke air," Terangnya.

Di lokasi kejaian juga tadi malam telah dilakukan pembersihan dengan penyiraman sisa-sisa bahan kimia yang tumpah ke jalan tersebut.(Fry)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top