Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Daerah

HARIS DAN H KHAFID MOEIN KUNJUNGI PARA VETERAN

Selasa, 16 Agustus 2016 | 10:07:35 WIB wib Dibaca: 367 Pengunjung
Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein mengunjungi rumah-rumah Veteran Pejuang Merangin

FOKUS JAMBI. COM, MERANGIN - Dua hari sebelum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia, Bupati Merangin H Al Haris dan Wabup H A Khafid Moein kemarin (15/8) secara terpisah mengunjungi rumah-rumah Veteran pejuang kemerdekaan.

Menariknya kunjungan bupati dan wabup itu, membawa tim medis yang langsung memeriksa kesehatan para Veteran. Pertama bupati didampingi Ketua TP PKK Merangin Hj Hesti Haris dan rombongan ke rumah Veteran Lukman Hakim.
 
‘’Sebagai tanda penghargaan kepada para Veteran, kami yang mengunjungi ke rumah-rumah para pejuang tersebut. Kalau dulu bapak yang berjuang, kini kami yang melayani bapak,’’ujar Bupati.

Di rumah yang beralamat di Jalan Kesehatan depan Telkom Bangko tersebut, bupati banyak menanyakan kondisi kesehatan Lukman Hakim dan aktivitas setelah pensiun.

Dari pemeriksaan kesehatan diketahui pejuang yang pensiun pada 1984 itu tensinya 160/9.  Lukman Hakim sangat menyambut baik silaturahmi bupati ke rumahnya. ‘’Kami sangat berterimakasih atas kunjungan ini,’’ujarnya.

Selanjutnya H Al Haris bertolak ke rumah Veteran Kamiran di Lingkungan Sungai Mas Pasar Atas Bangko. Bupati yang datang bersama ibu dan rombongan langsung disambut baik oleh tua rumah.

Tanpak bupati dan ibu akrab berbincang-bincang dengan para keluarga Kamiran. ‘’Jika nanti ada gangguan kesehatan, jangan bapak yang ke rumah sakit, biar nanti dokter yang akan datang ke rumah bapak,’’terang Bupati.

Pada pemeriksaan kesehatan, kondisi penjuang kemerdekaan itu cukup sehat, tensinya 140/100. Bupati menyarankan agar memperhatikan makanan setiap harinya dengan menu seimbang.

Setelah hampir satu jam di rumah Kamiran, bupati bersama ibu dan rombongan kemudian bergeser ke kawasan Waskita Karya Kelurahan Pasar Atas Bangko menginjungi Veteran Djumali.

Di rumah keluarga tentara pelajar Indonesia itu, bupati ditunjukan foto-foto Veteran yang pensiun pada 1988 itu, saat masih aktif sebagai tentara. Saat ditanya senjata apa yang sandang,  Djumali menjawabnya senjata jenis Brand Mediksen.

Bupati kemudian juga banyak menanyakan aktivitas Djumali saat masih bertugas. Meskipun sedikit terbata-bata, Veteran yang tensinya 110/80 saat diperiksa kesehatannya itu, menceritakan perjuangannya merebut kemerdekaan.

Sementara itu Wabup Merangin H A Khafid Moein dan rombongan bersama tim medis, pertama mengunjungi Veteran Abdul Kadir di Waskita Karya Kelurahan Pasar Atas Bangko.

Pada kunjungan itu, Wabup ikut langsung memeriksa kesehatan Abdul Kadir yang saat itu diketahui cukup sehat. Wabup juga banyak menyanyakan aktivitas penjuang kemerdekaan itu pasca pensiun.

‘’Ini merupakan silaturahmi dalam rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71. Kunjungan ini sekaligus memantau kondisi kesehatan pada Veteran kita,’’ujar Wabup.

Wabup dan rombongan kemudian ke rumah Veteran M Taher Toha di Desa Kungkai Kecamatan Bangko. Di rumah pejuang kemerdekaan itu, Wabup disambut baik tuan rumah. ‘’Kami bangga Wabup bersilaturahmi ke rumah kami,’’ujar M Taher.

Berbagai obrolan muncul begitu saja diselingi senda gurau antara Wabup dan keluarga M Taher Toha. Setelah cukup lama mengobrol, Wabup dan rombongan kemudian bertolak ke rumah Veteran Bakri di Desa Titian Teras Kecamatan Batang Masumai.

Seperti di rumah Veteran lainnya, Wabup menanyakan kondisi kesehatan dan aktivitas Bakri sekarang. Pejuang yang kondisi badannya cukup sehat itu, juga merasa bangga dikunjungi Wabup. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top