Kamis, 21 Maret 2019 |
FokusJambi - Advetorial - Pemerintahan

Gubernur Zola : Pemprov Sedang Kaji Program 15 Ribu Bea Siswa

Sabtu, 14 Mei 2016 | 18:09:50 WIB wib Dibaca: 380 Pengunjung
Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP. MA saat membahas program 15 ribu bea siswa pada saat Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi Dalam Rangka Dies Natalis ke.53 Wisuda ke.71 Program Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma, Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016, bertempat di Balairung Unja, Sabtu pagi (14/05/2016).

 

FOKUSJAMBI.COM, MENDALO - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP. MA menyatakan, Pemerintah Provinsi Jambi mempunyai program 15 Rbu bea siswa. Program ini sedang dilakukan pengkajian dan dipelajari agar dalam pelaksanaannya nanti tepat sasaran dan bagi yang berhak menerima serta siapa saja yang menerima agar jangan salah sasaran. Pernyataan demikian disampaikannya saat menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Jambi Dalam Rangka Dies Natalis ke.53 Wisuda ke.71 Program Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma, Semester Genap Tahun Akademik 2015/2016, bertempat di Balairung Unja, Sabtu pagi  (14/05/2016).

Disampaikan Gubernur H. Zumi Zola, di era persaingan Global saat ini, dimana batas administrasi antar negara tidak lagi menjadi hambatan melaksanakan berbagai aktifitas ekonomi, sosial dan politik. "Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi semakin mempermudah akses dan konektivitas, membuat persaingan semakin terbuka dan ketat. Penguasaan terhadap sumberdaya alam tidak lagi menjadi penentu utama, namun kehandalan sumberdaya manusia yang lebih memegang peranan penting untuk menjadi tokoh sentral dalam percaturan global saat ini," Ungkap Zola.

Dikatakan Gubernur Zola, sejalan dengan semakin kompetitifnya kehidupan global, pelaksanaan pasar bebas Asia Tenggara atau MEA yang mulai dijalankan terhitung 1 Januari 2016 yang lalu. Pembentukan pasar tunggal ini akan memudahkan sesama negara Asean menjual barang dan jasa sehingga kompetisi akan menjadi semakin ketat. "Barang dengan kualitas terbaik dan harga bersaing akan mendominasi pasar, begitu juga dengan sumberdaya manusia, SDM yang unggul dan baik akan menguasai pasar kerja yang strategis. Untuk itu kita harus mampu bersaing dengan bekal ilmu yang didapat perlu ditingkatkan terus agar mempunyai SDM yang handal dan Profesional untuk menjawab semua tantangan ini," Kata Zola.

Selain itu Gubernur Zola Juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya meningkatkan keterampilan SDM bagi angkatan kerja melalui berbagai pelatihan teknis dan magang agar tenaga kerja mempunyai skill yang dibutuhkan oleh dunia kerja serta menumbuhkan spirit kewirausahaan, jiwa kepemimpinan dan membangun jaringan kerja bagi pemuda di provinsi Jambi. "Saya berharap unja dapat bersinergi dan memperluas jaringan kerjasama dengan pemerintah daerah, jalinan kerja sama yang telah berjalan hendaknya lebih diperluas serta dimaksimalkan agar cita-cita mensejahterakan masyarakat Provinsi Jambi dapat lebih cepat terwujudkan," Jelas Zola.

Dalam kesempatan tersebut orang nomor satu di Provinsi Jambi ini juga menyampaikan ucapan selamat  kepada para Wisudawan dan wisudawati serta seluruh orang tua wisudawan yang telah berhasil mengantarkan putra/putrinya menjadi intelektual muda harapan bangsa.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh Wisudawan/ti serta seluru orang tua wisudawan,  semua kerja keras, dorongan dan do'a yang selalu bapak/ibu lantunkan telah terjawab melalui prosesi wisuda yang tengah dijalani ini. Kepada para wisuda, ini bukan akhir dari proses pendidikan yang ditempuh, wisuda ini hanya pengantar bagi saudara untuk mematangkan konsep keilmuan yang telah diterima dengan realitas kehidupan. Dunia empirik menjadi tantangan bagi semua, apakah pembelajaran yang didapat mampu diaplikasikan dengan baik," pungkas Gubernur.

Sementara itu Rektor Universitas Jambi (Unja) Prof. Johni Najwan, SH, MH, Ph.D menyampaikan, Dies Natalis, Wisuda, Program Magister, Profesi, Sarjana dan Diploma ini merupakan yang pertama semenjak dirinya dilantik menjadi rektor. “Insya Allah dengan dukungan dan kerja sama dari semua pihak baik pemerintah maupun swasta akan membawa unja  lebih baik lagi di masa mendatang,” katanya.

Dikatakan Rektor, pada tahun 2016 ini Unja telah memiliki sebanyak 13 Fakultas dan 1 Program Pasca Sarjana dengan menyelenggarakan 88 program studi yang terdiri dari 10 program Diploma, 52 program studi Strata satu (S-1), 3 jenjang Profesi dan 19 Program studi Strata dua (S-2) serta 4 program Strata studi tiga (S-3).

Kepada para wisudawan/ti Rektor Unja tersebut juga berpesan, sebagai alumni Unja yang baru, semua diharapkan agar menjaga nama baik almamater dan tetap berhubungan dengan almamater tercinta. "Anda adalah duta-duta almater yang akan berada ditengah masyarakat," ucapnya.

Adapun jumlah wisudawan/ti secara keseluruhan pada tahun Akademik 2015/2016 sebanyak 997 orang.

Turut serta pada kesempatan ini anggota Forkompimda Provinsi jambi, Sekda Provinsi Jambi H. Ridham Priskap, Bupati Merangin Al-Haris, Wakil Bupati Batanghari Sofia Fatah, para pimpinan perguruan tinggi se-Provinsi Jambi, Guru Besar dan segenap Anggota Senat unja, para dosen dan para orang tua wali wisudawan serta para undangan lainnya. (Hms/Prov)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top