Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Daerah

GUBERNUR ZOLA APRESIASI PROGRAM DESA TUNTAS JAMBI

Rabu, 28 Desember 2016 | 10:00:34 WIB wib Dibaca: 440 Pengunjung

 

FOKUSJAMBI.COM, MUARO JAMBI - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP, MA mengapresiasi adanya program Desa Tuntas yang digerakkan dari masyarakat non pemerintahan yang program kerjanya sejalan dengan visi misi Jambi Tuntas 2021, program pembangunan desa memperkuat pangan masyarakat. Demikian disampaikan Gubernur saat Pencanangan Gerakan Sinergi Aksi untuk Ketahanan Pangan Sekaligus Mengadakan Pasar Murah Desa Tuntas, bertempat di Dusun Tuo Pematang Jering Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, Selasa (27/12/2016).

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur Zola memberikan apresiasi yang tinggi serta mengucapkan terima kasih atas upaya yang telah dilakukan oleh yayasan Desa Tuntas dalam menjalankan program Desa Tuntas Jambi, yang salah satunya diimplementasikan dalam bentuk pasar murah desa tuntas. "Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk partisipasi aktif dari lembaga non pemerintah dalam mendukung upaya percepatan pembangunan khususnya di Provinsi Jambi guna meringankan beban masyarakat dalam mengatasi masalah pangan," kata Gubernur.

Mantan Bupati Tanjung Jabung Timur ini juga menjelaskan bahwa program Desa Tuntas Jambi dengan tujuan upaya peningkatan kemandirian masyarakat pedesaan melalui optimalisasi potensi-potensi desa yang selama ini belum digali dan dimanfaatkan secara maksimal. "Saat ini harga komoditi kebutuhan pokok sering mengalami perubahan harga yang disebabkan oleh banyak faktor diantaranya global, iklim hingga masalah insfrastruktur, tentu ketika harga naik hal ini menjadi beban bagi masyarakat. Untuk itu pemerintah Provinsi Jambi melalui program Jambi Tuntas 2021 memprioritaskan program pangan yang utama disamping pendidikan dan kesehatan masyarakat," ungkap Gubernur.

"Pembangunan pedesaan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desa agar pembangunan di pedesaan dapat kita dorong untuk mandiri dan berkelanjutan yang memiliki ketahanan sosial, ekonomi dan lingkungan." Sambung Gubernur.

Gubernur juga berharap kepada seluruh panitia dan pengerak Desa Tuntas agar terus melaksanakan kegiatan ini kedesa-desa lain yang berada di provinsi jambi. "Jika saat ini sudah ada 37 desa yang masuk dalam kategori Desa Tuntas, untuk tahun berikutnya lebih banyak lagi dan kegiatan ini dilakukan setiap bulannya," harap Gubernur.

Orang nomor satu di Provinsi jambi ini juga menjelaskan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pemerintah pusat telah mengucurkan dana desa yang dapat digunakan untuk membangun jalan sentra produksi disamping peningkatan penanganan pangan. "Selain itu Pemerintah Provinsi Jambi juga memberikan bantuan satu alat berat setiap kecamatan. Alat ini dapat dipergunakan secara bergilir guna membuka lahan baru bagi pertanian atau membuat kolam baru," jelas Gubernur.

 Pada saat diwawancarai oleh media Gubernur Zola menjelaskan, tujuan pencanangan Desa Tuntas agar dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melalui berbagai program pembangunan. “Dari hasil dialog tadi sama-sama diketahui Pematang Jering ini merupakan sentra penghasil ikan nila terbesar di Provinsi Jambi, setiap harinya bisa menghasilkan 10 ton, yang dipasok kepasar di Kota Jambi, dengan jumlah kerambah sebanyak 6000 kerambah yang terhampar disepanjang sungai Batanghari dan kolam ikan sebanyak 2000 kolam dengan jumlah petani lebih kurang sebanyak 400 orang," papar Gubernur.

Sementara itu, Pj. Bupati Muaro Jambi Kailani menjelaskan, dalam rangka peningkatan perekonomian masyarakat pemerintah kabupaten terus membina para petani agar dapat mendorong para petani dan para pelaku UMKM bisa mandiri dengan berbagai pelatihan yang diselengarakan. "Kabupaten muaro Jambi merupakan sentra ikan di Provinsi Jambi. Kami juga mengakui memang sarana dan prasarana masih belum memadai terutama insfrastruktur jalan," ungkapnya.

Sementara itu juga, Ketua Yayasan Desa Tuntas Jambi Dra. Iriana Safitri dalam laporannya menyampaikan, dalam pencangan Dasa Tuntas terdapat 37 target yang akan dilaksanakan, Desa Pematang Jering diharapkan bisa menjadi pilot project Desa Tuntas Jambi dalam rangka mengentaskan kemiskinan di Provinsi Jambi dengan cara berbagai program kerja dan pembangunan SDM.

Usai pembukaan dilanjutkan dengan dialog bersama antara Gubernur Jambi dan tokoh masyarakat, petani penambak ikan dan kemudian dilanjutkan dengan peninjauan tambak ikan disepanjang pelataran Sungai Batanghari.

Dalam kesempatan ini juga Gubernur langsung membuka Operasi Pasar murah yang berkerja sama antara Pemerintah Provinsi jambi, Korem 042 Gapu, Alisa Khadijah-ICMI Asosiasi Muslimah Pengusaha se-Indonesia, Bulong Jambi dan  Bank 9 Jambi yang menjual bahan pokok pangan, beras, gula, minyak dan banyak lagi lainnya guna mengurangi beban masyarakat.

Turut hadir pada kesempatan ini, para unsur Forkompimda Provinsi Jambi dan Kabupaten Muaro Jambi, para Kepala SKPD terkait provinsi dan Kabupaten Muaro Jambi, para tokoh masyarakat dan para petani ikan serta para undangan lainnya. (Hms)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top