Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Daerah

GUBERNUR ZOLA APRESIASI BERDIRINYA KANTOR IMIGRASI KABUPATEN KERINCI

Kamis, 10 November 2016 | 12:15:27 WIB wib Dibaca: 473 Pengunjung



FOKUSJAMBI.COM, KERINCI - Gubernur Jambi H. Zumi Zola Zulkifli. S.TP, MA sangat mengapresiasi berdirinya Kantor Imigrasi Kelas III Kerinci, betapa tidak, dengan adanya kantor Imigrasi itu sangat strategis sekali dalam mempermudah pelayanan kepada masyarakat untuk pengurusan paspor, demikian disampaikannya, saat peresmian Kantor Imigrasi kelas III Kerinci, di Desa Sangaran Agung Kecamatan Kelilin Danau  Kabupaten Kerinci, Rabu (09/11/2016) kemarin.

Dalam sambutannya Gubernur Jambi H. Zumi Zola menyampaikan, pemerintah terus berupaya meningkatkan pelayanannya terhadap masyarakat, baik secara kuantitas maupun secara kualitas." Dengan diresmikan Kantor Imigrasi ini akan memperlancar dan mempermudah pengurusan paspor dan keimigrasian bagi masyarakat." ucap Zola.

Menurut Zola, penempatan Kantor Imigrasi dikerinci sudah tepat," Jika kita lihat data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dimana dalam kurun waktu dari tahun 2011 - 2015 jumlah TKI yang berasal dari provinsi jambi secara rata-rata mencapai 724 orang dan 53,89 persen atau setara dengan 390 orang berasal dari kerinci," jelas Zola.

Dikatakan Zola, menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang berkerja di luar negeri merupakan pilihan favorit dan strategis bagi masyarakat banyak, yang kondisi seperti ini pemerintah harus dapat memfasilitasi dan dorong." Sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi masyarakat yang hendak berkerja diluar negeri, agar tidak menjadi TKI ilegal atau TKI non prosedur. Kalau menjadi TKI non prosedural akan mendapatkan masalah diluar negeri nantinya, tentu akan merugikan TKI itu sendiri maupun keluarga ditanah air, serta akan menyulitkan pemerintah untuk memberikan bantuan perlindungan terkait hak-haknya." kata Zola

Pada saat diwawancarai oleh rekan media, Gubernur mengemukakan ada tiga faktor dorongan yang kuat pertama, untuk mempermudah bagi masyarakat yang ingin membuat paspor, mukin selama ini yang menjadi kesulitan bagi masyarakat yaitu harus berangkat kejambi harus menghitung Jarak, waktu dan juga biaya lebih mahal, kedua target kita TKI harus mempunyai paspor agar tidak ada permasalahan dan paspor naik haji cukup diurus dikerinci saja dan ketiga kita ingin memonitor keberadaan wisata-wisata asing yang masuk secara ilegal dan juga tenaga kerja asing, yang dapat merugikan daerah serta negara.

Sebelumnya Bupati Kerinci H. Adirozal menyampaikan, sore hari ini mempunyai sejarah bagi masyarakat kerinci, sejarah yang luar biasa ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Kabupaten Kerinci, dimana dua tahun lebih berjuang mewujudkan kantor imigrasi agar bisa berdir di kabupaten kerinci," pemerintah kabupaten dan provinsi jambi serta Kakanwil Kemenkumham Provinsi jambi  dua tahun lebih memperjuangkan agar kantor Imigrasi  bisa berdiri di Kabupaten Kerinci akhirnya terwujud untuk mempermudah masyarakat kerinci dalam pengurusan paspor." ucap Bupati.

"Kita sebagai masyarakat Kerinci menyambut baik berdirinya Kantor Imigrasi di kabupaten Kerinci, karena selama ini masyarakat harus ke Jambi untuk mengurus paspor, karena kita tahu bahwa selama ini masyarakat Kerinci yang banyak mengurus paspor, puluhan ribu masyarakat kerinci yang sudah berkerja di Malaysia, singapur dan negara lain, hampir separuh permasalahannya tidak mempunyai paspor masuknya ilegal, ini sangat merugika." ungkap Bupati

Bupati menambahkan, posisi Kerinci yang sangat strategis, maka dengan berdirinya kantor Imigrasi diharapkan juga bisa dimanfaatkan oleh daerah-daerah yang berada di seputaran kabupaten Kerinci, seperti Muko-muko, Pesisir Selatan, Solok Selatan, Merangin, dengan demikian tentu juga berdampak secara ekonomi untuk Kerinci. "Pemkab Kerinci harus memaksimalkan fungsi kantor Imigrasi nantinya, karena posisi Kerinci yang strategis dengan daerah-daerah sekelilingnya, maka kita berharap bisa berdampak secara ekonomi bagi masyarakat maupun pemkab sendiri," tutur Bupati

Peresmian ini ditandai dengan pengutingan Pita oleh Ketua TP-PKK Provinsi jambi Hj. Sherrin Tharia Zola.

Turut serta pada kesempatan ini, Kakanwil Kemenkumham Provinsi Jambi, Dwi Prasetyo Santoso, Bupati Merangin Al-Haris, Bupati Bungo H. Mashuri, anggota Forkompimda Kabupaten Kerinci, Wakil Bupati Kerinci Zainal Abidin, para Kepala SKPD terkait Provinsi Jambi, para kepala SKPD Kabupaten Kerinci, tokoh masyarakat Kerinci dan para undangan lainya.  (Hms/ard)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top