Senin, 23 April 2018 |
FokusJambi - Teknologi & Inet - Kesehatan & Gaya Hidup

Gerakan Pamer Pusar di Internet Dianggap Promosikan Gaya Hidup Tak Sehat

Jumat, 19 Juni 2015 | 14:19:15 WIB wib Dibaca: 579 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Media sosial belakangan ini dihebohkan dengan tanda pagar (tagar) #BellyButtonChallenge. Sayangnya, kepopuleran tagar tersebut dikecam oleh beberapa kalangan, termasuk praktisi kesehatan dan hak wanita.

#BellyButtonChallenge merupakan tantangan untuk menyentuh pusar mengunakan tangan dari bagian belakang tubuh. Tentu saja, tantangan ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang dengan tubuh kurus dan secara tidak langsung mendiskreditkan orang dengan tubuh yang agak gemuk.

Sejak pertama kali dilakukan oleh seorang gadis di Tiongkok beberapa pekan lalu, #BellyButtonChallenge sangat ramai dilakukan di media sosial. Sehun dari boyband EXO dan aktris Yang Mi merupakan selebriti di negeri panda yang melakukan hal ini.

Namun ramainya pelaku tantangan ini ternyata dikecam oleh praktisi kesehatan dan juga aktivis wanita. Mereka menolak adanya tantangan ini dengan alasan tantangan ini dapat menimbulkan salah paham soal bentuk tubuh wanita yang ideal di masyarakat.

"Orang-orang akan melihat bahwa memegang pusar dengan tangan lewat belakang merupakan tanda tubuh Anda kurus. Hal ini bisa memicu jatunya rasa percaya diri dan harga diri seseorang yang tak bisa melakukannya, dan akhirnya membenci tubuhnya sendiri," tutur Elizabeth Lombardo, seorang pakar psikiatri klinis dari Chicago, Amerika Serikat, dikutip dari NY Dailynews, Jumat (19/6/2015).

Lombardo melanjutkan bahwa belum diketahui asal mula mengapa sampai ada orang melakukan tantangan ini. Dugaan pertama adalah orang-orang ingin memamerkan lingkar pinggang mereka yang kecil sebagai tanda memiliki berat badan yang ideal. Namun dugaan ini dengan mudah dimentahkan.

"Tidak ada bukti dari dunia kedokteran yang mengatakan Anda memiliki berat badan ideal jika mampu menyentuh pusar lewat bagian belakang tubuh Anda," tuturnya lagi. (dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top