Rabu, 15 Agustus 2018 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

FASILITAS PENUNJANG PERKEMAHAN SANTRI NASIONAL PERLU PERBAIKAN

Senin, 19 Maret 2018 | 13:36:20 WIB wib Dibaca: 207 Pengunjung
Bumi Perkemahan (Buper) Abdurrahman Sayuti Sungaigelam

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Sejumlah fasilitas untuk pelaksanaan Perkemahan Pramuka Santri Nasional (PPSN) V 2018 yang akan digelar di Bumi Perkemahan (Buper) Abdurrahman Sayuti Sungaigelam, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, masih butuh perbaikan karena sarana yang ada tidak memadai.

Ketua Kwarda Pramuka Provinsi Jambi, Sudirman di Jambi, Senin, mengatakan pelaksanaan PPSN B 2018 digelar pada 1-7 Oktober mendatang. Namun masih ada lima item fasilitas yang perlu diperbaiki.

Seperti akses jalan yang saat ini dalam kondisi rusak parah, anjungan yang harus diperbaiki, ketersediaan air, MCK dan tempat berkemah.

"Kami dari Kwarda bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan. Sementara untuk fasilitas, kami berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Muarojambi," kata Sudirman.

Menurutnya untuk perbaikan infrastruktur di Buper tersebut, sudah masuk dalam APBD 2018 Provinsi Jambi. Karena infrastruktur yang diperbaiki tersebut tidak hanya dipakai sekali acara saja, namun kegiatan selalu ada di lokasi tersebut.

Untuk tahun 2018 saja, menurutnya ada 35 acara kepramukaan di Buper Sungaigelam tersebut.

"Fasilitasnya semua itu sudah ada, air, anjungan, MCK, namun perlu diperbaiki. Karena setidaknya sebanyak 4.500 santri akan berkemah di sana," katanya menambahkan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Jambi, Muhammad mengatakan yang juga perlu dipastikan adalah dari segi keamanan. Karena selain 4.500 santri yang masuk dalam kontingen, kemungkinan besar ada tambahan peserta di luar kontingen.

"Yang namanya santri hidup mandiri sudah biasa. Tanpa diundang dan masuk ke kepesertaan, bisa saja mereka datang sendiri dengan perlengkapan dan biaya sendiri. Ini tidak bisa kita tolak, mereka juga akan berkemah. Makanya dari segi keamanan akan dikoordinasikan dengan pihak terkait," katanya.

Menurutnya untuk mobilisasi peserta dan undangan, Kemenag Jambi akan menggandeng sejumlah pihak.

Untuk mobilisasi kontingen ke Buper, pihaknya akan mengerahkan semua Kepala Madrasah dan Kepala KUA untuk meminjamkan mobil.

Sedangkan untuk tamu-tamu undangan, pihaknya meminta bantuan kepada Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). "Karena PHRI tau kemana tamu-tamu ini akan diarahkan," katanya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kominfo Kwarda Pramuka Provinsi Jambi, Imam Syafei mengatakan untuk pengamanan, pihak TNI dan Polri akan mengawal acara dari awal sampai habis. Masyarakat tidak perlu khawatir akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

"TNI dan Polri akan mengawal kegiatan. Untuk masuk ke lokasi acara juga akan diberikan id card khusus," kata Imam.(*)

Sumber : Antara

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top