Jumat, 23 Agustus 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

Dua Pelaku Illegal Fishing di Tangkap Saat Menyetrum Ikan di Sungai Batanghari

Selasa, 03 Februari 2015 | 14:44:43 WIB wib Dibaca: 2668 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ditpolair Polda Jambi Senin malam (02/02) kemarin sekira pukul 23.00 WIB telah melakukan penangkapan terhadap pelaku illegal fishing atau mencari ikan dengan menggunakan alat setrum listrik.

Kabid humas Polda Jambi AKBP Almansyah menjelaskan, Penangkapan terhadap pelaku tersebut terjadi saat tim lidik ditpolair Polda Jambi tengah melakukan patroli rutin di perairan Sungai Batanghari Jambi desa sijenjang kecamatan Jambi Timur kota Jambi.

Kemudian saat melintas petugas mencurigai ada satu unit perahu (sampan) yang dikemudikan dua orang laki-laki, ketika dilakukan pemeriksaan ditemukan alat tangkap ikan yang dilarang yaitu berupa seperangkat alat setrum ikan dan ikan campuran hasil tangkapan sebanyak kurang lebih 3 kg.

"Setelah dilakukan interogasi dilapangan kedua pelaku mengakui bahwa ikan didapat dengan cara membuat daya listrik yang di dapat dari ke 4 aki lalu disambungkan dengan menggunakan kawat tembaga dan di lilitkan di mata serokan ikan selanjutnya dicelupkan ke dalam air yg menimbulkan efek kejut sehingga ikan dan biota air di dalamnya akan naik ke atas permukaan air utk diambil oleh pelaku," Jelas Almansyah Rabu (03/2)

Atas temuan tersebut kata Almansyah ke dua pelaku dibawa untuk diamankan ke Mako Ditpolair Polda Jambi untuk pemeriksaan lebih lanjut. 

"Ke dua pelaku yang diamankan merupakan  warga Jalan Melati RT 31 kelurahan Legok Kec.Telanai Pura kota Jambi atas nama Pikar (35) dan Aprizal (33)," timpalnya.

Selain kedua pelaku petugas juga sudah mengamankan Barang Bukti 1 unit sampan/perahu, seperangkat alat setrum ikan yang trdiri dari acu/aki 70 ampere 1 buah, aki 40 ampere 2 buah, aki 12 ampere 1 buah, 1 buah serokan ikan, 1 buah kabel tembaga daya aki dan ikan campuran hasil tangkapan sebanyak kurang lebih 3 kg.

"Untuk proses lebih lanjut Ditpolair akan berkoordinasi dengan Dinas Perikanan. Kapolda Jambi juga menghimbau kepada masyarakat agar dalam menangkap ikan laksanakan secar Legal. Jangan gunakan strum, karena akan membahayakan diri sendiri maupun orang lain dan bibit ikan pun ikut musnah," imbuhnya. (Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top