Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Pemerintahan

Distan Batanghari Prioritaskan Sarana Produksi Pertanian

Selasa, 10 Februari 2015 | 14:49:47 WIB wib Dibaca: 974 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Kabupaten Batanghari, pada tahun ini, akan memprioritaskan peningkatan sarana produksi pertanian di wilayah setempat.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Batanghari Budi Narso melalui Kepala Bidang Program Promosi dan Pemasaran, Gusnel Hadi di Batanghari, Selasa, membenarkan bahwa tahun ini Distan dan Tanaman Pangan lebih banyak memfokuskan pembangunan pada sektor peningkatan sarana produksi pertanian.

"Kami akan memperbanyak pengadaan alat industri pertanian (alsintan), pompanisasi, serta pengembangan jalan produksi pertanian," katanya.

Distan juga memfokuskan pembangunan lahan untuk pembibitan di Kecamatan Pemayung, dan pengadaan lahan yang dilakukan pada 2014 akan dilanjutkan pada "land clearing" di areal tersebut, termasuk pembangunan saranan pembibitan.

"Kami juga merencanakan pembangunan gudang dan 'green house' serta 'sidding net' di areal pembibitan tersebut," ujarnya.

Gambaran garis besar program yang direncanakan tersebut saat ini dalam penyusunan untuk disampaikan ke Bupati guna mendapatkan pertimbangan serta persetujuannya.

"Kami menyusun program untuk prioritas produksi pertanian banyak belajar dari kejadian kemarau tahun 2014. Makanya kami perbanyak pengadaan pompanisasi bagi kelompok tani dengan harapan tidak menemukan lagi lahan yang puso serta gagal panen," katan Gusnel.

Terkait tidak adanya lagi BOT pembangunan jalan produksi pertanian, katanya, maka disusun rencana untuk merehab jalan produksi pertanian yang telah ada, yang kini kondisinya rusak akibat sering ditenggelamkan banjir musiman.

Bila jalan yang mulai rusak tersebut tidak diperbaiki, petani juga akan sulit untuk mengeluarkan hasil pertanian mereka.

"Lokasi jalan usaha pertanian yang direhabilitasi itu masih belum final tapi yang jelas di kawasan banjir," ujarnya.

Beberapa unit alsintan yang akan diprogramkan untuk Kabupaten Batanghari di antaranya, ada 80 unit pompa air, lima unit traktor yang dianggarannya dari APBD dan DAK. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top