Selasa, 17 September 2019 |
Ekonomi & Bisnis - Daerah

Dana Desa Untuk Muarojambi Hanya Rp11,5 Miliar

Sabtu, 21 Februari 2015 | 19:12:55 WIB wib Dibaca: 342 Pengunjung
ilustrasi Dok : Google

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Kabupaten Muarojambi, Jambi, ternyata hanya mendapat Rp11,5 miliar dari pemerintah pusat dalam program satu miliar satu desa, kata Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Muarojambi, Riki Ferdiansyah, Sabtu.

Dia mengatakan, Kabupaten Muarojambi memiliki 150 desa, dengan kucuran dana yang hanya 11,5 miliar tentu saja jauh dari harapan, karena dengan jumlah itu setiap desa di Muarojambi hanya mendapat dana pembangunan sekitar Rp70 juta hingga Rp90 juta.

"Ini tentu sangat mengecewakan para kepala desa yang sangat berharap dengan dana yang dijanjikan oleh pemerintah pusat tersebut. Karena dengan dana itu pemerintah desa tentu akan dapat membangunan desanya sendiri tanpa harus meminta-minta," kata Riki.

Selama ini, desa selalu menunggu giliran pembangunan dari pemerintah kabupaten. Progam desa terlebih dahulu melalui musrenbang desa, kecamatan hingga ke kabupaten, sehingga tidak jarang hanya dianggap oleh pemerintahan desa sebagai kegiatan rutinitas saja yang wajib diikuti.

Bila kegiatan yang diusulkan tidak terpenuhi, pemerintah kabupaten beralasan minim dan terbatasnya anggaran, alasan tersebut selalu menjadi jurus utama untuk menyejukkan para kepala desa yang hadir dalam kegiatan musrenbang.

Kepala Seksi Keuangan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Muarojambi, Muji, mengatakan untuk Kabupaten Muarojambi dana satu miliar satu desa tersebut tidak akan terwujud di tahun 2015.

"Tahun ini pemerintah pusat telah mengucurkan dana tersebut untuk 150 desa yang ada di Kabupaten Muarojambi, tetapi hanya Rp11,5 miliar, jadi masing-masing desa hanya mendapatkan Rp70 juta hingga Rp90 juta saja," kata Muji.

Program satu miliar satu desa tersebut kabarnya sudah disahkan, sebab itu mau tidak mau pihak kabupaten ke depan akan berkordinasi dengan SKPD terkait�untuk menyerahkan beberapa kegiatannya yang rencananya dikelola langsung oleh pemerintahan desa.(ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top