Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

Dalam Dua Pekan ini Polda Jambi Sudah Amankan 6 Tersangka dan 6,5 KG Emas Hasil Tambang Ilegal

Senin, 06 Juni 2016 | 17:15:22 WIB wib Dibaca: 903 Pengunjung
kapolda jambi Brigjen pol yazid fanani saat menunjukan barang bukti emas hasil tambang illegal, senin (06/06)


FOKUSJAMBI.COM, JAMBI – Dalam dua pekan terakhir ini Kepolisian Daerah Jambi sudah berhasil menyita dan mengamankan emas seberat 6,5 kilogram emas hasil olahan penambangan emas tanpa izin (peti) di dua kabupaten, yakni di kabupaten Sarolangun dan Merangin provinsi jambi.

Hal demikian dikatakan langsung kapolda jambi Brtigjen Pol YaziD Fanani dalam jumpa pers, senin 06 Juni 2016 di mapolda jambi. Di jelaskan Yazid, dalam Operasi illegal mining tersebut juga diamankan sebanyak 6 tersangka. Dari jumlah barang bukti yang disita tersebut jika di rupiahkan mencapai milyaran.

" jika dikonversikan semuanya Rp 3,4 miliar," jelas kapolda.

Selain emas berupa untaian dan batangan, juga diamankan perak, semua barang bukti tersebut lanjutnya berasal dari dua Kabupaten yang masih marak peti yakni di kabupaten merangin dan sarolangun.

Emas yang sudah dikumpulkan dan di olah tersebut lalu dijual kepada pemilik, atau bos untuk diolah kembalI menjadi emas batangan, kemudian di jual ke luar kota jambi.

Penangkapan oleh tim Ditkrimsus Polda Jambi ini berlangsung pada Kamis (02/06) lalu, di Jalan SMA 1 RT 8 kelurahan Sarolangun, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi. Saat itu rumah yang dijadikan tempat pengolahan kembali emas hasil peti itu digerebek oleh anggota kepolisian. Dan ditemukan emas seberat 4,1 kilogram dan perak 12,5 kilogram dengan tiga orang tersangka, yakni Yogi (22), Ferdiansyah (25) dan Wendi (27). Semuanya warga Pariaman, Sumatera Barat. Mereka berstatus sebagai pekerja, dan ditangkap tanpa perlawanan. Sedangkan bos atau pemilik modal menyediakan tempat untuk mengelola emas hasil peti kabur, sebelum digerebek anggota Polda Jambi dan sampai saat ini masih terus diburu polisi.

Sedangkan kasus pertama yang berhasil diungkap Polda Jambi adalah emas seberat 2,3 kilogram dan perak 7,9 kilogram dengan tiga orang tersangka, yakni Admiral (54), Nazaruddin (45) dan M Zen (34).

Atas perbuatannya, para pelaku akan dikenakan pasal 161 UU RI Nomor 4 tahun 2009 tentang Minerba dengan ancaman pidana paling lama 10 tahun penjara, dan denda Rp 10 miliar.(Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top