Minggu, 18 Agustus 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

CALON NOTARIS DAN ANGGOTA INI PROTES SOAL PERMENKUMHAM 25/2017 DAN LAYANGKAN PETISI KE YASONA

Kamis, 08 Maret 2018 | 14:28:29 WIB wib Dibaca: 840 Pengunjung
Yandrik Ershad Anggota Luar Biasa Provinsi Jambi Ikatan Notaris Indonesia (INI)

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI - Protes atas terbitnya Permenkumham Nomor 25/2017 Tentang Ujian Pengangkatan Notaris (UPN), Para calon notaris dan anggota luar biasa Ikatan Notaris Indonesia (INI) membuat petisi bagi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. 

Terkait adanya Aksi protes ini juga dibenarkan langsung oleh Yandrik Ershad, Anggota Luar Biasa Provinsi Jambi Ikatan Notaris Indonesia (INI), Yandrik Ershad Kepada fokusjambi.com, Kamis (08/03/2018).

Dijelaskan Yandrik, sebagai calon notaris tentu dengan terbitnya Permenkumham Nomor 25/2017 tersebut menjadi sangat berat, karena kali ini baru ada peraturan seperti ini, di situ adanya ujian pengangkatan notaris lagi,"ungkapnya.

Lanjut Yandrik, sebagai calon notaris selama ini, setelah menempuh ujian kode etik notaris, para calon notaris sudah bisa mengajukan SK pengangkatan. Tentunya ditambah syarat-syarat, seperti magang dan mengikuti seminar.

"Namun Sekarang ini malah kita ditambah lagi mengikuti ujian pengangkatan notaris. setelah lulus UPN yang dulunya kita bisa mengajukan SK sekarang nggak bisa lagi, diharuskan mengikuti ujian lagi," keluhnya.

Yandrik mengakui sebagai calon notaris juga, sebagai syarat sudah melakukan magang dikantor notaris minimal dilakukan selama dua tahun

"Jelas keberatan jika Permenkumham ini diberlakukan, akan menghabiskan banyak waktu dan biaya lagi,"sambungnya. 

Terkait terbitnya Permenkumham ini Seluruh Calon notaris di seluruh indonesia jumlah sudah lebih dari 2000 berinisiatif membuat petisi tersebut.

"Kami yakin banyak calon notaris di seluruh Indonesia yang keberatan dengan Permenkumham Nomor 25/2017 karena kita sudah kuliah magister penatariatan 4 tahun, magang 2 tahun di kantor notaris, ujian kode etik notaris, kita mengumpulkan poin-poin seminar yang harus kita kejar poin tertentu," jelas Yandrik.

"Ya kami berharap petisi ini langsug didengar oleh Yasonna. Kita coba petisi dulu, langkah-langkah dulu upaya calon notaris mungkin masih banyak lagi upayanya, saya sudah dengar selentingan untuk JR,"tuntansya.(Dar)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top