Kamis, 24 Oktober 2019 |
FokusJambi - Nasional

Busana Muslim Syar'i Jadi Primadona di Tanah Abang & Thamrin City

Jumat, 17 Juni 2016 | 13:25:08 WIB wib Dibaca: 2802 Pengunjung
toko busana muslim Pasar Tanah Abang dan Thamrin City

 

FOKUSJAMBI.COM, Jakarta - Lebaran tinggal beberapa pekan lagi. Masyarakat pun mulai berbondong-bondong menyerbu pusat-pusat grosir untuk berburu busana muslim. Jika tahun lalu gamis dan kaftan paling diminati, kini giliran busana model syar'i yang jadi favorit. 

Wolipop, Selasa (14/6/2016) siang, menyambangi dua pusat grosir yang dikenal sebagai 'Mekah'-nya busana muslim, yakni Pasar Tanah Abang dan Thamrin City. 

Di Blok A Pasar Tanah Abang, busana model syar'i cukup mendominasi. Busana muslim yang satu ini terdiri dari terusan longgar lengan panjang yang dipadukan dengan jilbab yang menjuntai hingga bagian pinggang. Kebanyakan toko menjual satu set busana syar'i. Namun ada pula yang menawarkan hijabnya saja. 

Fini, penjaga toko Annisa Kerudung di lantai 5 Blok A, mengatakan menjelang Lebaran tahun ini banyak pembeli yang mencari hijab syar'i. "Tahun lalu hijab bergo (hijab instan) yang dicari. Kalau sekarang cenderung ke hijab syar'i," ungkap Vini. 
 

Annisa Kerudung menjual beberapa model hijab syar'i, salah satunya 'Hijab Lyra Virna'. Disebut demikian karena modelnya mirip dengan hijab syar'i yang sering dipakai oleh aktris sinetron Lyra Virna. "Bedanya, ada permainan renda di bagian bawah. Ini adalah salah satu hijab syar'i yang best seller di sini," kaya Vini. 

Hijab syar'i yang Annisa Kerudung tawarkan umumnya terbuat dari bahan cerutti. Meski teksturnya agak sedikit kasar, material yang satu ini, kata Vini, agak tipis sehingga nyaman dipakai. Dan dari sekian banyak warna, hijab berwarna pastel dan peach paling disukai. Harga hijab di sini dipatok dari Rp 65.000 sampai Rp 100.000. 

Meningkatnya permintaan hijab syar'i juga dirasakan Ros dan Nining yang menjajakan busana muslim di lantai Slg (basement). Menurut mereka, tren tersebut tidak lepas dari mulai banyaknya selebriti Indonesia yang memopulerkan busana muslim syar'i. "Selain Lyra Virna, ada Oki Setiana Dewi juga. Orang-orang jadi pengin ikutan," ujar Ros. 

Pemandangan serupa turut terlihat di Thamrin City. Di sini, banyak pedangang yang khusus menjual busana muslim syar'i, Noona Irma salah seorangnya. Dulu ia menjual gamis, kaftan, dan semacamnya. Tapi baru-baru ini terakhir ia fokus pada busana syar'i karena banyak pembeli yang mencarinya.

Menjelang Lebaran, ia mengaku penjualan busana syar'i di tokonya meningkat cukup drastis. "Naiknya hampir 80-100 persen dari hari-hari biasa," ungkap dia yang juga menjual dagangannya secara online.

Di tokonya yang terletak di lantai dasar, Noona menawarkan busana syar'i yang menurutnya berbeda dari toko lainnya. Permainan brokat dan payet yang menambahkan sentuhan feminin menjadi keunikan tersendiri pada produknya. "Supaya engga terlihat monoton juga," katanya. 

Busana yang diproduksi di kawasan Serpong, Tangerang Selatan itu hadir dalam dua pilihan palet utama yang berbeda untuk mengakomodasi selera konsumennya yang berbeda sesuai asal daerah. "Orang Jakarta dan sekitarnya suka warna pastel. Kalau dari daerah, seperti Makassar, lebih memilih warna-warna terang dan berani seperti merah," terang Noona. Busana syar'i Noona dibanderol seharga Rp 350.000 - Rp 450.000.  (Dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top