Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Daerah - Pemerintahan

Bupati Ikuti Rakor Pemerintah Daerah se-Provinsi Jambi

Kamis, 03 Desember 2015 | 09:42:57 WIB wib Dibaca: 484 Pengunjung
Bupati Merangin Ikuti Rapat fasilitasi koordinasi pemerintah daerah se-Provinsi Jambi

 

Laporan Wartawan FokusJambi

FOKUSJAMBI. COM, MERANGIN - Bupati Merangin H Al Haris kemarin (2/12) menghadiri rapat fasilitasi koordinasi pemerintah daerah se-Provinsi Jambi 2015. Rapat yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi itu, dipimpin (Plt) Gubernur Jambi H Irman.

Dikatakan bupati, rapat tersebut merupakan agenda rutin Pemprov Jambi setiap tahunnya. Melalui rapat itu, Gubernur Jambi bisa menampung berbagai informasi penting dari setiap daerahnya.

‘’Rapat koordinasi antar pimpinan pemerintah daerah dengan Bapak Pjs Gubernur Jambi ini, untuk mengevaluasi capaian penyelenggaraan tata kelola pemerintahan yang baik di Provinsi Jambi,’’ujar Bupati.

Pada rapat tersebut, Pjs Gubernur Jambi melempar tiga materi penting. Ketiga materi yang dibahas, pertama terkait pemantapan persiapan Pilkada serentak, kedua antisipasi banjir dan longsor, ketiga persiapan Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Pada materi Pilkada serentak tanggal, 09 Desember 2015 dibahas tentang dukungan anggaran, menciptakan suasana yang kondusif, desk Pilkada (laporan harian dan laporan insidentil.

‘’Termasuk netralitas pegawai negeri sipil/apratur sipil negera, penyelenggaran Pilkada dan TNI/Polri, juga dibahas pada rapat yang diikuti seluruh bupati/walikota se-Provinsi Jambi berserta unsur Forkopimda ini,’’terang Bupati.

Sedangkan terkait bencana banjir dan longsor dibahas tentang, inventarisasi titik banjir dan longsor serta tempat pengungsian, dituangkan dalam bentuk data dan peta, serta infentarisasi sarana dan prasarana yang dimiliki.

Tidak hanya itu, tapi juga wajib membentuk posko terpadu di kabupaten dan lokasi rawan banjir/longsor. Selain itu menetapkan status siaga bencana dan darurat bencana.

Untuk materi persiapan MEA, dijadwalkan pada 01 Januari 2016 sudah ditetapkan pemberlakuan MEA. MEA merupakan peluang pasar produk unggulan, untuk itu harus mampu menghasilkan produk unggulan.

‘’Paling tidak kita harus mampu menyamai hasil produk unggulan negara-negara ASEAN. Mudah-mudahan dengan persiapan yang kita lakukan, produk unggulan Merangin, akan melebihi kualitas produk daerah lain,’’harap Bupati.

Untuk mencapai hal tersebut lanjut bupati, dibutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas, sistem yang canggih, sarana dan prasarana yang memadai serta modal usaha.

Pembinaan dimaksimalkan oleh Dinas/Badan Koperasi dan Usaha Kecil Menangah dan Perindustrian dan Perdagangan. Sementara modal usaha dimintakan dukungan dari Per-bankkan. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top