Kamis, 24 Oktober 2019 |
FokusJambi - Ekonomi & Bisnis - Peristiwa & Umum

Bulog Jambi Tambah Persediaan Beras 3.000 Ton

Senin, 15 Juni 2015 | 15:59:15 WIB wib Dibaca: 504 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Perum Bulog Divre Jambi menambah persediaan sebanyak 3.000 ton beras untuk mengantisipasi lonjakan harga khususnya selama bulan Suci Ramadhan dan Idul Fitri 1436 Hijriah.

Juru bicara Bulog Divre Jambi David Susanto di Jambi, Senin, menyebutkan sebelum adanya penambahan, persediaan beras di gudang Perum Bulog Jambi sebanyak 8.151 ton.

"Kita memastikan persediaan beras selama Ramadhan ini aman dan tidak akan kekurangan," kata David Susanto menambahkan.

Dijelaskan, stok beras tersebut didatangkan dari daerah sentral pertanian diantaranya dari Provinsi Sumatera Barat dan Lampung serta juga sebagian dari petani lokal.

"Artinya saat ini kita mempunyai stok sekitar 11 ribu ton dan stok ini tersebar di lima gudang bulog diantaranya di Bungo, Kerinci, Kota Jambi, Tanjabbar dan Merangin,"kata David menjelaskan.

Untuk menjaga agar harga beras ditingkat pedagang di Kota Jambi ini tetap stabil, dalam dua hari kedepan Bulog Jambi akan menggelar operasi pasar (OP).

"Ya saat ini harganya masih stabil dan ini yang perlu kita jaga, operasi pasar ini kita lakukan untuk menjaga jangan sampai ada kenaikan harga nantinya,"katanya.

Terkait dengan pembelian gabah masyarakat, ia menargetkan membeli sebanyak 4.000 ton pada Juni 2015, namun realisasinya baru mencapai 1.900 ton. Bulog Jambi untuk membeli beras petani seharga Rp7.300 per kilo gram.

"Harga beras ditingkat petani lokal masih tinggi, sementara itu kita membeli beras dipetani harus sesuai HPP yang ditetapkan yakni Rp7.300 per kilogram,kalau petani tidak mau menjual dengan harga yang kita tawarkan, kita tidak memaksa, makanya saat ini baru terealisasi setengahnya dari target,"kata David. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top