Sabtu, 20 Juli 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Advetorial - Pemerintahan

Buka Rapat Puskud, Gubernur HBA Dorong Dirikan Pabrik Kelapa Sawit

Selasa, 28 April 2015 | 10:17:18 WIB wib Dibaca: 1122 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Gubernur Jambi H. Hasan Basri Agus (HBA) mendorong Puskud (Pusat Koperasi Unit Desa) untuk mendirikan pabrik kelapa sawat disamping membantu petani dalam pemasaran serta harga jangan sampai adalagi yang dipermainkan oleh pihak tertentu, dengan tujuan bersama untuk kesejahteraan bersama. Dorongan tersebut disampaikan Gubernur saat Pembukaan Rapat Anggota Tahunan (Rat) Ke XXXIV Tahun Buku 2014 Pusat Koperasi Unit Desa (Pusat-KUD) Provinsi Jambi yang diselenggarakan di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi. Senin (27/04/2015).

Adapun Tema pada acara ini adalah " Koperasi Membangun Kemandirian Ekonomi Bangsa "

Dalam sambutan dan arahannya Gubernur HBA menyampaikan, dengan tekad yang baik dan bermanfaat bagi orang banyak dirinya mendorong niat Puskud untuk mendirikan pabrik CPO (Crude Palm Oil) minyak mini. “Saya sangat mendorong niat Puskud untuk mendirikan Pabrik CPO minyak mini yang bisa menghasilkan minyak 40 ton perhari, yang telah diuji coba pada Kabupaten Muaro Jambi yang berlokasi di kilometer 13 sebapo," ujarnya.

Dijelaskan Gubernur, Puskud merupakan untuk kepentingan orang banyak serta koperasi yang didirikan di Indonesia memiliki tujuan yang sama yaitu mensejahterakan para anggota pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. “Begitu pula puskud yang mewadahi KUD yang ada, Saya juga menilai bahwa Puskud sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan perekonomian  telah banyak membantu para petani dan masyarakat desa," jelasnya.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut Gubernur HBA juga meminta kepada para pengurus Puskud Provinsi Jambi untuk mencari dan mengembangkan usaha dalam pengelolaan Batubara yang berada di wilayah Provinsi Jambi.

Diakui Gubernur HBA, koperasi turut berperan dalam mewujudkan keadaan ekonomi dan sosial, namun agar mampu berperan secara optimal tentunya dibutuhkan dukungan dan partisipasi semua pihak dan stakeholder terkait dalam menghadapi hambatan dan kendala dalam mengembangkan koperasi. "Paradigma pembangunan saat ini, terdapat tiga pilar utama yang memiliki peran setara dalam pembangunan yakni pemerintah, dunia usaha dan masyarakat," pungkasnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) Pusat Herman Y.L. Wutun menyampaikan bahwa Puskud Jambi merupakan Puskud paling sehat se-Indonesi. "Dari itu semua, program kegiatan yang akan digerakkan akan didukung sesuai dengan kebutuhan yang ada, disamping bimbingan pembinaan yang jujur dan berpengalaman dari Bapak H. Hasan Basri Agus (HBA) Puskud Jambi saya yakin akan lebih maju," katanya.

Dijelaskan juga oleh Herman, Dari segi tepat waktu, segi usaha, Puskud Jambi telah banyak perkembangannya, terutama bangunannya dan semua prestasi juga banyak diraih. "Puskud Jambi juga telah melayani semua anggota dengan baik serta pelayanan penyaluran pupuk ke seluruh KUD, Provinsi Jambi adalah termasuk yang berhasil, " jelasnya.

Ditambahkannya, pada kesempatan ini juga telah didirikan pabrik CPO mini yang bisa menghasilkan 40 ton perhari yang sangat cocok untuk ditempatkan Di KUD pabrik mini kelapa sawit yang di kelola oleh Maikel Dari Taiwan. “Dan ada beberapa orang anak putra daerah Jambi yang di didik olehnya untuk mempromosikan pabrik ini nantinya," pungkasnya.

Selain itu Ketua Umum Koperasi Unit Desa Provinsi Jambi H. Sugiono Djono menyampaikan, Pusat -KUD telah berusia 34 tahun, dalam masa kepemimpinannya berbagai persoalan yang dilewati mulai dari yang tersulit hingga perubahan yang senifikat terhadap perkembangan koperasi di jambi.

Diakuinya perkembangan koperasi pada masa sekarang ini jauh lebih bagus dan berkembang.

Turut serta pada kesempatan ini, para Kepala SKPD terkait Seluruh Pengurus Koperasi Desa se-Provinsi jambi serta para undangan lainnya. (Adv)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top