Sabtu, 20 April 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

BPBD Jambi Ingatkan Warga Waspada Puting Beliung

Sabtu, 21 Maret 2015 | 19:40:32 WIB wib Dibaca: 500 Pengunjung
ilustrasi Dok : Google

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi mengimbau warga daerah ini untuk mewaspadai kemungkinan terjadi bencana angin puting beliung.

Kepala Seksi Tanggap Darurat BPBD Provinsi Jambi, Purwoko, di Jambi, Jumat, mengatakan, menjelang peralihan musim penghujan ke musim kemarau ini, bencana yang masih berpotensi terjadi yakni angin puting beliung.

"Menurut perkiraan BMKG Jambi, puncak musim penghujan masih akan berlangsung sampai April, dan potensi angin puting beliung masih akan terjadi di wilayah Provinsi Jambi," kata Purwoko.

Namun lokasi dan kapan akan terjadi angin puting beliung tidak bisa diprediksi.

BPBD Jambi pernah memprediksi puting beliung akan terjadi di Kelurahan Penyengat Rendah Kota Jambi, tetapi angin puting beliung malah menerjang wilayah Bougenvile Kecamatan Kota Baru Jambi.

"Jadi angin puting beliung sulit diprediksi, bisa datang kapan saja. Untuk itu, kami minta masyarakat tetap waspada, terutama di daerah yang sudah pernah diterjang puting beliung itu," ujarnya.

Dia menyebutkan, pada Maret ini, BPBD Jambi mencatat telah terjadi dua kali angin puting beliung yang merusak 113 rumah, yakni di Desa Lambur Luar Kabupaten Tanjung Jabung Timur awal bulan lalu, dan di Dusun Sungai Tembang Kabupaten Bungo, Kamis (19/3) dini hari kemarin.

Tidak ada korban jiwa dalam dua kejadian bencana alam itu.

"Bulan Maret ini sudah dua kali angin puting beliung terjadi, di Lambur Luar Tanjung Jabung Timur mengakibatkan 81 rumah rusak, dan di Sungai Tembang Bungo kemarin 32 rumah dinyatakan rusak," kata Purwoko.

Dia menjelaskan, puting beliung yang menerjang Lambur Luar sebelumnya mengakibatkan kerusakan sebanyak 81 rumah dan bangunan, yaitu rusak berat 37 rumah dan rusak ringan 40 rumah. Angin juga merusak satu masjid dan satu puskesmas.

Puting beliung djuga terjadi di Bungo, kata Purwoko, mengakibatkan kerusakan 32 rumah, di antaranya 22 rumah rusak sedang dan 10 rumah rusak ringan.

Bencana itu sudah ditangani BPBD Kabupaten Bungo.� Beberapa warga, menurutnya, telah mulai memperbaiki rumah yang kondisinya rusak akibat terjangan puting beliung.

Namun meskipun terjadi kerusakan akibat bencana itu, kedua daerah tersebut belum mengajukan permintaan bantuan ke Pemprov Jambi.

BPBD Jambi telah menurunkan bantuan berupa family kit, makanan bayi dan bantuan lainnya.� Sedangkan terkait puting beliung di Kabupaten Bungo, Kepala Biro Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jambi, Hendrizal, mengatakan bahwa Gubernur Jambi Hasan Basri Agus akan segera memberikan bantuan.(ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top