Kamis, 21 Maret 2019 |
FokusJambi - Nasional - Pendidikan

BI Salurkan Beasiswa Bagi 80 Mahasiswa Sumsel

Sabtu, 14 Mei 2016 | 12:35:37 WIB wib Dibaca: 925 Pengunjung
Logo Bank Indonesia

 

FOKUSJAMBI.COM, PALEMBANG  - Bank Indonesia pada tahun ini menyalurkan beasiswa pendidikan bagi 80 mahasiswa terpilih dari dua universitas negeri di Sumatera Selatan, yakni Universitas Sriwijaya dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah.

Asisten Direktur Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Sumatera Selatan, Rosman Dirgantoro di Palembang, Jumat, mengatakan saat ini di Sumsel sedang dilakukan seleksi akhir untuk menetapkan 80 mahasiswa yang layak menerima beasiswa mulai diberikan sejak 2011.

"Setiap tahun Sumsel diberikan kuota dari BI pusat sebanyak 80 mahasiswa, sehingga Unsri dan UIN Raden Fatah diberikan kesempatan untuk merekomendasikan mahasiswa terbaiknya kepada tim seleksi," kata dia.

Ia mengemukakan, mahasiswa yang direkomendasikan ini harus memenuhi syarat yakni minimal telah melewati tiga semester dengan indeks prestasi komulatif di atas 3,0.

"Biasanya mahasiswa direkomendasikan ber-ipk di atas 3,5. Tapi sejatinya bukan nilai semata-mata menjadi penilaian, karena tim seleksi juga ingin memilih mahasiswa yang unggul, dalam artian juga peduli pada lingkungannya," kata Rosman.

Menurutnya, dalam proses seleksi yang relatif ketat ini biasanya akan terlihat karakter asli dari peserta seleksi.

"Melalui beasiswa ini sebenarnya BI ingin mencetak para pemimpin-pemimpin unggul di masa datang. Jadi, mereka bukan hanya pintar akademik, tapi juga pintar di luar bidang akademik," kata dia.

Para penerima beasiswa ini nantinya akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar Rp3 juta per semester dengan dua kali pencairan.

Selain itu, BI juga mengadakan pelatihan kepemimpinan dan wirausaha bagi para penerima beasiswa ini yang kerap disebut "Generasi Baru Indonesia" (Gembi). (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top