Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

BEROPERASI DI HUTAN TANJABBAR, 1 ALAT BERAT DAN 3 PELAKU DIAMANKAN PETUGAS DISHUT JAMBI

Kamis, 05 April 2018 | 13:02:22 WIB wib Dibaca: 391 Pengunjung
satu unit alat berat eskapator yang diamankan petugas dishut provinsi jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Petugas Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Jambi bersama dengan anggota KPHP Tanjung Jabung Barat berhasil mengamankan satu unit alat berat ekspator berikut tiga pelaku yakni operator alat berat berinisial A, S sebagai helder dan J sebagai pengawas lapangan.

Para pelaku ini ditangkap karena tidak memiliki izin sedang beroperasi di dalam kawasan hutan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Provinsi Jambi.

Kepala seksi (Kasi) Pengamanan Hutan Dishut Provinsi Jambi, Imam Purwanto didampingi Kepala KPHP Tanjung Jabung Barat Dri Handoyo mengatakan, penangkapan ini terjadi beberapa hari lalu, dimana satu unit alat berat eskapator yang sedang beraktivitas di dalam kawasan hutan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

"Dari lokasi tersebut kita turut mengamankan ketiga pelaku yang kini mereka masih dalam tahap pemeriksaan dari penyidik Dinas Kehutanan Provinsi Jambi,"ungkapnya, Kamis (05/03/2018).

Dijelaskan imam, terungkapnya kasus ini bermula dari adanya laporan warga kepada pihak KPHP Tanung Jabung Barat, kemudian ditindak lanjuti dengan berkoordinasi Dinas Kehutanan Provinsi Jambi dan hasil penyelidikan ternyata alat berat itu tidak memiliki izin resmi dari pihak Kementerian Khutanan RI.

"Tim kemudian turun kelokasi yang berada di Desa Kampung Baru Kecamatan Batang Asam Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan disana ditemukan alat berat eskapator tersebut sedang bekerja membuka jalan sepanjang lima ratus meter di kawasan hutan tersebut"ungkapnya lagi.

Saat ini, Penyidik Dishut Jambi sedang mendalami kasus keberadaan alat berat didalam kawasan hutan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat tersebut, dan jika nanti terbukti maka pelakunya akan dikenakan pasal 17 ayat 2 huruf A dan B Undang Undang RI Nomor 18 tahun 2013.

"Kita akan menyelidiki kasus keberadaan alat berat dikawasan hutan tanpa izin tersebut, dan siapa pun yang terlibat akan ditindak tegas,"tuntas Imam Purwanto.(Dar)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top