Selasa, 21 Mei 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

Berkas Dinyatakan Lengkap, Dua Pelaku Begal Kembali di Limpahkan Ke JPU

Senin, 29 Juni 2015 | 10:22:32 WIB wib Dibaca: 448 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Setelah berkas perkara dinyatakan lengkap oleh penyidik Polresta Jambi, dua dari tiga kawanan pelaku begal akhirnya di limpahkan kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kedua pelaku yakni,  Reni (20) dan rekanya Imam (20). Sebelumnya pacarnya Reni berinisial DN (17) terlebih dahulu di limpahkan penyidik, dan kini ia telah ditahan di Lapas Jambi.

Terkait Pelimpahan ini, dibenarkan langsung Kapolresta Jambi melalui Kasat Reskrim Polresta Jambi AKP Yudha Pranata saat di konfirmasi, Minggu (28/06).

"Berkasnya sudah dinyatakan lengkap oleh Jaksa. Jadi kemarin telah kita limpahkanla keduanya kepada Jaksa," kata Yudha.

Sebelum berkas lengkap, beberapa kali berkas yang telah dikirimkan oleh penyidik kepada jaksa sempat dikembalikan kembali. Sebab dalam berkas yang dikirim itu ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Dengan demikian, masa penahanan tersangka juga harus diperpanjang.

"Iya, masa penahan ditambah. Namun sebelum habis penambahan masa tahanan, berkas sudah dinyatakan lengkap, dan tersangka diserahkan ke Jaksa," terang Yudha.

Dengan dilimpahkannya tersangka ke Jaksa, artinya semua tanggung jawab tersangka kembali ditanggung oleh Jaksa. Sementara untuk vonis masa hukuman, itu ditangan hakim.

"Sekarang tersangka nunggu jadwal sidang. Sementara untuk masa hukuman tergantung dari Hakim," tandasnya

Seperti diketahui, Tim buser Polresta Jambi berhasil mengamankan tiga tersangka begal motor. Dari tiga pelaku yang diamankan itu satu orang diantara mereka merupakan perempuan yang merupakan pacar dari tersangka yang umurnya dibawah umur.

Kepada petugas, tersangka mengakui jika dalam melakukan aksi begal mereka sudah lebih dari enam kali melancarkan aksinya. Dimana Setiap kali beraksi mereka selalu menganiaya korbannya.

Cara kerja setiap kali melakukan aksi begal cukup rapi dan terencana, dimana Tersangka memanfaatkan Reni sang pacar dari DN untuk menunggu disuatu tempat. Tujuannya untuk menunggu pengendara lewat untuk menumpang dan diantarkan kesuatu tempat.

Setelah mendapatkan tumpangan, modus mereka langsung berkoordinasi dengan tersangka lain, Setelah sampai ketempat tersangka lainnya, korban disuruh turun dan sepeda motor diambil pelaku. Sementara korban dianiaya dan diancam menggunakan senjata tajam. (Uti)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top