Jumat, 23 Agustus 2019 |
FokusJambi - Daerah

BELA NEGARA DAPAT DIAKTUALISASIKAN DALAM PERAN DAN PROFESI DENGAN CARA PENGABDIAN

Senin, 19 Desember 2016 | 17:59:17 WIB wib Dibaca: 1038 Pengunjung
Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum

 

 

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Wakil Gubernur (Wagub) Jambi Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum mengemukakan, di era kompetisi global saat ini kesadaran bela negara dapat diaktualisasikan dalam peran dan profesi setiap warga negara dengan cara pengabdian para guru, bidan, tenaga kesehatan dan tugas lainnya. Demikian disampaikannya saat menjadi Inspektur Upacara pada Hari Bela Negara 2016, bertempat di lapangan Depan Kantor Gubernur, Senin (19/12/2016) pagi.

 Adapun tema Hari Bela Negara tahun 2016 ini adalah "Indonesia Tanah Airku Tercinta Kau Ku Bela Sepanjang Masa". 

 Dalam kesempatan tersebut, Wagub juga membacakan amanat tertulis dari Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo yang mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk menatap masa depan dengan penuh perjuangan. "Saat ini tantangan dan ancaman terhadap kedaulatan bangsa sudah berkembang baik fisik maupun non fisik. Ancaman berkembang menjadi bersifat multidimensi karena karakter ancaman dapat bersumber dari ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya serta juga ancaman nasional seperti korupsi, narkoba, ekstrimisme, teroris serta banyak lagi ancaman lainya," ujar Presiden.

 Menurut Wagub, dalam menghadapi ancaman multidimensi tersebut, bela negara harus bersifat multidimensi juga. "Kita membela negara dengan memberantas narkoba, melawan praktek korupsi, pungli dan mencegah berkembangnya bibit-bibit ekstrimisme serta terorisme dibumi nusantara ini," ucap Wagub.

 Dikatakan Wagub, Pemerintah melalui Kementerian Pertahanan telah menyelenggarakan program pembentukan kader bela negara. "Program ini bertujuan untuk mewujudkan terbentuknya kader bela negara yang memiliki kesadaran sikap dan prilaku yang menjunjung tinggi pentingnya aktualisasi nilai-nilai dasar bela negara," kata Wagub.

 "Dengan kekuatan rakyat maka bangsa ini akan mampu menghadapi segala jenis ancaman dan tantangan. Itulah esensi dari sistim pertahanan rakyat semesta yang telah terbukti dalam sejarah bisa membuat republik ini berdiri tegak,” sambungnya.

 Wagub juga menegaskan bahwa tantangan besar dalam sejarah adalah bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup sebagai bangsa yang berdaulat dibidang politik, berdikari dibidang ekonomi serta berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

 Selain itu wagub juga mengingatkan semua yang hadir bahwa tugas seluruh rakyat Indonesia adalah membela negara dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketergantungan. "Ini merupakan tugas berat yang sudah berada didepan mata kita, tapi dengan semangat persatuan dan kesatuan serta dengan kerja keras dan perjuangan bersama, saya yakin tugas ini dapat kita pikul bersama," pungkasnya.

 Upacara Hari Bela Negara tahun 2016 ini turut dihadiri para unsur forkopimda Provinsi Jambi, para Kepala SKPD Provinsi Jambi, para ASN dilingkup Provinsi Jambi, para unsur TNI/Polri, para mahasiswa serta para undangan lainya. (Hms)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top