Senin, 20 Mei 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

BEGINI PENAMPAKAN REPLIKA KERIS SIGINJAI SETELAH DIPASANG

Sabtu, 11 November 2017 | 21:27:19 WIB wib Dibaca: 1454 Pengunjung
Replika keris siginjai yang sudah terpasang

FOKUSJAMBI.COM, JOTA JAMBI - Keris siginjai yang beberapa hari lalu sampai di jambi akhirnya terpasang di atas tugu yang akan di berinama tugu siginjai kota baru, Sabtu siang (11/11/2017).

Pemasangan replika keris siginjai yang terbuat dari tembaga yang berukuran panjang 10 meter berat 90 kg ini  berjalan lancar dan ramai di saksikan masyarakat yang penasaran,  pemasangan ini juga di hadiri dan di tinjau langsung oleh kepala dinas pekerjaan umum dan perumahan rakyat (PUPR) Kota jambi, Ketua Lembaga adat melayu tanah pilih pusako batuah kota jambi,  Dan petugas dishub kota jambi. 

Kepala dinas PUPR Kota jambi Fatri Suandi menyampaikan bahwa proses pekerjaan sudah mencapai 80%, untuk tugu siginjai saja dan untuk proses pekerjaan keseluruhannya ditargetkan akhir tahun selesai.

"kalo tidak akhir tahun satu januari selesai kontrak," katanya kepada awak media.

"Untuk Target pembangunan tugu siginjai ini akan dihadirkan sebagai objek wisata kota jambi dan kedepannya di sesuaikan dengan kondisi lalu lintas sekitar tugu," tambah fatri suandi.

Sementara itu ketua lembaga adat melayu tanah pilih pusako batuah datuk Azrai al basyari menyampaikan seputar perjalannya untuk proses pemesanan dan pembuatan replika keris siginjai ini. 

"awal Oktober kami pergi ke Jogja Kebetulan saya didampingi oleh Kadis PU untuk pengecekan replika keris siginjai di sana kami berbincang supaya dicocokkan dengan keris monumen siginjai yang ada di Jakarta"katanya.

Ketua LAM juga sangat bangga sekali, karena ini tidak hanya icon Kota Jambi saja, tapi icon Provinsi Jambi.

"ini adalah lambang kehormatan, kemuliaan rajo atau sulthan Jambi"  pungkasnya.

"inilah kemuliaan Jambi itu keris siginjai mempunyai nilai tambah nilai lebih yang sangat sangat sakral sekali Oleh karena itu maka ini kita pajangkan di tengah-tengah kota Jambi keris siginjai merupakan icon dari adat dan budaya jambi,"  tutupnya.(Yan)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top