Jumat, 23 Agustus 2019 |
FokusJambi - Internasional

Basarnas Fokus Pencarian “Blackbox” AirAsia

Kamis, 08 Januari 2015 | 10:49:10 WIB wib Dibaca: 514 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Memasuki hari ke-12 operasi pencarian korban dan pesawat AirAsia QZ 8501, Badan SAR Nasional (Basarnas) fokus untuk menemukan kotak hitam (blackbox) pesawat.

"Setelah bagian ekor pesawat ditemukan, maka rencana kita secara bertahap untuk memastikan apakah blackbox masih berada di posisinya di bagian ekor itu atau sudah terlepas dari tempatnya semula," kata Kepala Basarnas Marsekal Madya F Henry Bambang Soelistyo di Jakarta, Kamis.

Soelistyo menjelaskan, untuk memastikan hal tersebut, Basarnas sudah berkoordinasi dengan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan para penyelam di lapangan.

"Karena blackbox memerlukan perlakuan khusus untuk bisa mengambil dan mengevakuasinya," kata dia.

Dia menyebutkan sejak pukul 06.45 WIB tim sudah kembali menyelam ke bagian ekor, namun karena jarak pandang di bawah satu meter di dasar laut karena itu para penyelam hanya mendapatkan puing-puing dan sudah dibawa ke kapal.

Kekuatan arus laut di lokasi pencarian di Selat Karimata sendiri saat ini 3-5 knot sehingga tim penyelam saat ini juga menunggu arus bawah lebih baik.

Lebih lanjut Soelistyo menjelaskan, rencana operasi hari ini, jika blackbox masih melekat pada tempatnya maka harus berkoordinasi dengan KNKT apakah boleh ekor diangkat sekaligus.

"Jadi keputusan ada di KNKT, kita hanya membantu dan kita sudah siap dengan crane yang ada di kapal Crestonyx," katanya.

Tim SAR gabungan pada Rabu (7/1) telah menemukan ekor pesawat dan lokasi tersebut ditandai dengan tali dan balon bahkan sinyal sehingga tidak khawatir posisi ekor akan hilang lagi.

Di lokasi penemuan ekor juga kapal Crestonyx, Baruna Jaya dan satu kapal Basarnas siaga untuk menunggu kekuatan arus bawah laut membaik. (Ant)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top