Senin, 22 Juli 2019 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Internasional

ARKEOLOG TEMUKAN TENGKORAK MANUSIA BERUSIA 400.000 TAHUN DI PORTUGAL

Selasa, 14 Maret 2017 | 12:57:11 WIB wib Dibaca: 1116 Pengunjung
Ilustrasi

FOKUSJAMBI.COM, LISABON - Satu tim arkeolog internasional telah menemukan di Portugal fosil manusia paling tua yang pernah ditemukan, tengkorak yang diduga berusia 400.000 tahun, kata Kantor Berita Portugal Musa pada Senin (13/03).

Tim arkeolog tersebut, yang dipimpin oleh Joao Zilhao warga negara Portugal menemukan tengkorak itu di satu gua di Aroeira, Torres Novas, di Portugal Tengah, dan menyajikan temuan mereka pada Senin dalam satu studi yang disiarkan di dalam buletin US National Academy of Sciences, terbitan pekan ini.

"Ini adalah fosil manusia paling tua yang ditemukan di Wilayah Portugal dan salah yang paling tua di Eropa," kata Joao Zilhao, sebagaimana dikutip Xinhua yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa siang.

Fosil manusia tak pernah di temukan dari Priode Pleistocene (Jaman Es), yang mencakup masa dari 2,5 juta tahun lalu sampai 11.500 tahun lalu, di belahan barat Eropa semacam itu.

Tim arkeolog itu menyatakan yang menarik dari fosil tersebut ialah masa fosil itu dapat diketahui dengan baik dan menjadi standard rujukan bagi penafsiran fosil lain yang lebih rumit tapi tidak dapat diketahui masanya.

Penggalian di gua tersebut, tempat tengkorak itu ditemukan, akan dilanjutkan sebab para arkolog tersebut berharap bisa menemukan fosil tengkorak lain atau bahkan bagian tengkorak yang hilang. (*)

 

Sumber : Antara

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top