Rabu, 14 November 2018 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal - Advetorial

ANTISIPASI KECELAKAAN KAPAL, DITPOLAIR POLDA JAMBI AKAN BENTUK TIM

Sabtu, 07 Juli 2018 | 12:04:04 WIB wib Dibaca: 310 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Kapolri Jenderal Tito Karnavian baru baru ini  meminta jajaran Polairud yang berada di seluruh indonesia untuk membantu pengawasan kapal-kapal penyeberangan di perairan Indonesia. Hal ini menyusul maraknya insiden kecelakaan kapal.

Sebelumnya Dua peristiwa terakhir yang tak berselang lama adalah kecelakaan KM Sinar Bangun di Danau Toba dan KM Lestari Maju di Perairan Selayar.

Dir Polairud Polda Jambi Kombes Pol Fauzi Bhakti mengatakan, Ditpolairud sudah mengambil langkah atas hal tersebut, baik itu sebelum lebaran dan pasca sesudah lebaran kemarin.

"kita sudah turun langsung ke Tanjab barat dan Tanjab timur untuk mengecek semua kapal roro untuk memeriksa alat kelengkapan kapal dan alat keselamatan kapal terutama life jacket yang harus sesuai dengan SOP pelayaran,"ungkap Kombes Pol Fauzi.

Untuk mengantisipasi kembali terjadinya kecelakaan kapal, Fauzi akan membentuk Tim gabungan.

"disitu kita akan libatkan juga dari ditpolairud Polda, KSOP, Polres, Denpom, Koramil TNI terdekat, Angkatan laut terdekat dan juga pihak dinas perhubungan laut, serta karantina hewan,"sambungnya.

Tim yang terbentuk nanti, di pastikan akan mengecek semua alat keselamatan bagi kapal kapal antar pulau, rata- kapal itu tidak memiliki life jacket dan yang life jacketnya kurang, guna untuk menurunkan angka patalitas jika terjadi kecelakaan di perairan," lanjut Kombes Fauzi.

Untuk menindak lanjuti arahan Kapolri, Dit Polairud akan melakukan penindakan apa bila ditemukan pelanggaran, dan jika nanti ditemukan kapal kapal yang tidak memenuhi aturan SOP keselamatan pelayaran terutama perihal life jacket nya kurang.

"kami akan menurunkan penumpang nya yang tidak menggunakan life jacket untuk memberikan peringatan pertama dan jika masih dilakukan lagi kesalahan, kami akan meminta dengan KSOP dan pihak terkait lainnya untuk menutup dan menahan kapalnya agar tidak beroperasi dahulu,"tegas Fauzi.(Man)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top