Senin, 19 Agustus 2019 |
FokusJambi - Daerah - Kesehatan & Gaya Hidup

Anak SAD Kembali Dirawat di RSUD Raden Mattaher Jambi

Rabu, 15 April 2015 | 10:00:14 WIB wib Dibaca: 800 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Sabtu (11/04) kemarin, sekitar 3 anak SAD dari Tumenggung Ngamal, yang dirujuk dari Rumah Sakit Umum Bulian ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Raden Mattaher Jambi.

Adi Candra, Asisten koordinator KKI Warsi, mengatakan saat ini ada tiga orang dari Suku Anak Dalam (SAD) kembali dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah Raden Mattaher Jambi Sabtu lalu. Tak hanya itu, baru-baru ini bertambah lagi empat orang SAD yang sakit saat menunggu keluarganya di rawat.

"Mereka yang sakit saat ini berasal dari kelompok yang sama, yang menjaga anggotanya sakit," kata Adi, Selasa (14/04).

Dijelaskannya, budaya melangun (berpindah-pindah), apabila salah satu anggota keluarganya meninggal di lokasi tersebut maka mereka akan berpindah dan akan membutuhkan waktu lama untuk kembali kelokasi tersebut.

"Walau baru semalam dilakukan perawatan di Rumah Sakit Bulian, tapi mereka tidak mau lagi di rawat di sana karena tradisi tadi," ungkapnya.

Kebanyakan SAD yang dilarikan ke Rumah Sakit karena mengalami sakit Cacingan, penyakit tersebut dikarenakan kehidupan para SAD yang kurang bersih dan sehat.

"Karena faktor kebersihan tempat mereka tinggal, ya mereka itu kalau buang air besar sembarangan, makan juga tidak sehat," tutupnya. (Tri)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top