Selasa, 15 Oktober 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

Agar Puasa Lancar, Ibu Hamil Disarankan Makan Lebih Banyak Protein

Kamis, 09 Juli 2015 | 11:56:44 WIB wib Dibaca: 592 Pengunjung

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Puasa menjadi tantangan tersendiri untuk ibu hamil. Penyebabnya tak lain dan tak bukan adalah kebutuhan kalori yang meningkat untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin.

dr Hari Nugroho, SpOG dari RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan bahwa agar puasa lancar, ibu hamil harus memenuhi kebutuhan gizi selama satu hari. Caranya adalah dengan melakukan pola makan seimbang dengan sedikit lebih banyak protein untuk cadangan energi.

Baca juga: Ibu Hamil Ingin Berpuasa? Perhatikan Dulu Lingkar Lengannya

"Pada sahur, konsumsi lebih banyak protein seperti putih telur, daging dan ikan, kurangi konsumsi lemak, hindari makanan pedas dan bersantan karena dapat mengganggu pencernaan," ungkap dr Hari kepada detikHealth dan ditulis Kamis (9/7/2015).

dr Hari mengatakan bahwa selain mengonsumsi lebih banyak protein, kebutuhan serat juga harus terpenuhi dengan mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu tentunya kebutuhan air minum harus tercukupi agar ibu hamil tidak mengalami dehidrasi.

Mengenai pantangan ketika sahur, dr Hari mengatakan bahwa makanan pedas, bersantan dan berlemak sebaiknya dihindari. Hal ini untuk mengurangi risiko gangguan pencernaan yang dapat membuat perut terasa sakit atau mulas.

Meski begitu, bukan berarti lemak harus dijauhi total. dr Hari mengatakan lemak yang dijauhi adalah lemak yang berasal dari jeroan, gorengan dan lemak jahat lainnya. Namun konsumsi lemak baik tetap dibutuhkan oleh tubuh.

"Konsumsi lemak sehat seperti minyak zaitun, canola, buah alpukat, kacang-kacangan dan lemak yang terdapat pada ikan sangat membantu kehamilan," pungkasnya. (dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top