Selasa, 22 Oktober 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal - Daerah

7 Pelaku Begal Antar Provinsi Diringkus

Senin, 11 Mei 2015 | 14:29:41 WIB wib Dibaca: 1121 Pengunjung
Kapolres Merangin Munggaran dan Kabag OPS Harifinal kanan, didampingi Humas IPTU Sianturi dan Kasat Kriminal AKP Ike Yulianto saat gelar perkara

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, MERANGIN - Tujuh pelaku sepesialis tukang begal motor antar Provinsi, tergolong cukup sadis yang beroperasi di Kabupaten Merangin sekitar Minggu pukul 22.30 WIB, di bekuk aparat Polres Merangin.

Dalam penangkapan tersebut, aparat berhasil mengamankan Barang Bukti (BB), empat unit senpi rakitan aktif beserta sembilan peluru.

Selain itu, aparat juga mengamankan dua senjata tajam dan tiga kunci literte, obeng dan besi yang digunakan pelaku untuk beraksi.  Ketujuh  pelaku tersebut berasal dari daerah Rupit, Rawas, Provinsi Sumatra Selatan, dan dua warga Kabupaten Sarolangun.

Nama pelaku tersebut, yakni Aripandi (30) warga muara Enim, Tarmizi (35) Nibung Rupit. Ardian(33) Simpang Nibung Singkut Sarolangun.

Kemudian, Hirawan (31) dan Haryanto (36) warga Beringin Sakti Rawas Ilir, Hakim(48) Beringin Sakti Rupit Palembang, Pian (27) Lubuk Sepu Sarolangun.

Informasi yang didapat, penangkapan bermula saat aparat mendapat informasi adanya segerombolan yang mencurigakan menggunakan Xenia warna biru dengan No Pol BG 1443 QE, sedang merencanakan menyatroni rumah warga di Desa Dusun Mudo yakni Arfan.

Lantaran salah satu pelaku yakni Haryanto (36) menikah warga Nibung Kecamatan Batang Mesumai, hingga ke enam rekan-rekan pelaku merencanakan matang-matang aksi tersebut dirumah Haryanto.

Belum sempat melancar aksi, aparat mendapat informasi itu dari masyarakat, yang diketuai tim operasi Kabag OPS Polres Merangin, Kompol Hariifinal bersama Kasatreskrim AKP Ike Yulianto dan Kasat Intelkam AKP Johan, langsung lidik kelokasi.

Berkat keuletan petugas akhirnya tersangka berhasil dibekuk di Desa Lubuk Gaung Kecamtan Batang Mesumai. 

Kapolres Merangin, AKBP Munggaran Karyuga SIK, saat di wawancarai dengan sejumlah awak media Senin(12/5) mengakui penangkapan tersebut.

"Ya memang, ada sejumlah 7 pelaku begal antar provinsi tadi malam sekitar 22.30 WIB, di bekuk di Desa Lubuk Gaung Kecamatan Batang Mesumai," ungkap Kapolres ke Media.

Dikatakan Munggaran, untuk kasus ini pelaku di jerat pasal 365 KUHP dan Undang-Undang darurat dengan ancaman 9 tahun penjara.

"Pelaku akan dijerat 365 dan Undang darurat dengan ancaman 9 tahun penjara," tuntasnya. (Han)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top