Senin, 19 Agustus 2019 |
FokusJambi - Daerah - Kesehatan & Gaya Hidup

600 Kartu BPJS Khusus SAD Dititip Puskesmas

Rabu, 30 Maret 2016 | 12:39:21 WIB wib Dibaca: 252 Pengunjung
ilustrasi (google.com)

 

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, SAROLANGUN - Kepesertaan  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mencakup seluruh rakyat Indonesia tanpa terkecuali, apa lagi bagi Suku Anak Dalam (SAD), sedangkan  orang asing saja yang tinggal lebih dari 6 bulan di Indonesia harus ikut BPJS.

"Kita sudah menyediakan kartu BPJS khusus sad yaitu sebanyak 600 kartu, dan itu sudah tersalurkan, dan kita sudah memiliki data sad, dan kartu tersebut tidak diberikan kepada sad, hanya saja kita titipkan kepada puskesmas, "Ungkap Kadinkes Sarolangun Adnan

Adnan juga menyebutkan alasan kenapa kartu BPJS khusus SAD tersebut dititipkan di puskesmas.

"jika di beri langsung kepada SAD sendiri takutnya akan hilang, iya kita sama tau warga SAD sendiri bagaimana, maka dari itu kita titipkan kepada Puskesmas, jikan berobat kartunya sudah ada, "Jelas Adnan

Untuk pendanaan penanganan SAD sendiri, adnan mengatakan bahwa untuk biaya tersebut langsung dari APBD Sarolangun sendiri.

"Dananya dari APBD kita sendiri, alhamdulilah belum ada keluhan tim kita terhadap penanganan SAD tersebut. "Bebernya

Saat disinggung kelompok yang mana saja dijadikan kelompok percontohan agar seluruh SAD yang berada dalam Kabupaten Sarolangun mendapat kartu BPJS, Adnan belum bisa memastikan kelompok mana. 

"Kalau untuk kelompoknya kita belum tau, datanya belum sampai ke saya, "Jelasnya Lagi 

Sementara itu, seringnya terjadi miskomunikasi antara warsi dan Pemerintah daerah serta warga SAD, Kadinkes Sarolangun menghimbau kepada yang bersangkutan agar saling bekerjasama yang lebih baik lagi.

"Himbauan kita terhadap sad dan warsi, saling bekerjasamalah dalam menanggulangi sad, jika warsi punya masalah, kita siap bantu warsi tersebut. Dan jika Kalau warsi itu mau kerjasama dengan kita tentu tidak akan terjadi berbenturan dalam menangani SAD. "Pungkasnya. (Man) 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top