Kamis, 18 Juli 2019 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

6 Cara Jaga Kesehatan Tubuh di Tempat Kerja

Kamis, 08 Januari 2015 | 15:21:47 WIB wib Dibaca: 1456 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Menjaga kesehatan tubuh harus dilakukan setiap saat dan di mana saja. Bagi orang dengan usia produktif, lokasi kerja seperti kantor adalah tempat di mana ia akan menghabiskan banyak waktunya selain di rumah.

Meski sibuk dengan pekerjaan, bukan berarti seseorang bisa melupakan kesehatan tubuhnya. Hal-hal kecil seperti makan teratur dan istirahat dapat membantu menjaga tubuh tetap sehat, terhindar dari penyakit, dan tentu hidup lebih lama.

Dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (8/1/2015), berikut 6 cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh di kantor:

1. Tidur siang

Kurang tidur, kelelahan, dan stres bisa menurunkan kewaspadaan otak yang dapat menyebabkan orang mengantuk dan kurang konsentrasi. Tidur pendek (napping) 20-40 menit saat waktu istirahat bisa kembali menyegarkan otak dan mengurangi kelelahan.

Pakar kesehatan tidur serta konsultan Sleep Disorder Clinic RS Mitra Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RPSGT, mengatakan tubuh memang memerlukan tidur singkat (power nap) saat siang hari. Jam biologis membuat tubuh mengantuk tidak hanya saat malam tapi juga siang hari.

"Power nap 20 menit saja cukup. Banyak perusahaan besar yang sudah menerapkan sehingga tidak memaksakan pekerja untuk bekerja. Kalau malam hari siklus tidur bisa didapat dalam 120 menit, tetapi jika siang 20 menit cukup untuk mengembalikan produktivitas karyawan," kata dr Andreas.

2. Hindari stres berlebih

Stres saat bekerja harus dihindari sebisa mungkin. Pasalnya hormon stres dikatakan ahli bersifat seperti racun pada tubuh dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Stres di tempat kerja bisa datang mulai dari beban pekerjaan sampai misalnya terjebak macet di jalan. Untuk mengatasinya disarankan agar seseorang membagi waktu antara bekerja dengan melakukan hobi atau bercengkrama bersama teman.

Ahli saraf dan terapis okupasi dari Kanada, Kimberly Ann Barthel, BMR, OTR, mengatakan hormon stres kortisol bisa dimatikan dengan cepat oleh hormon oksitosin. Hormon oksitosin atau yang dikenal juga sebagai hormon cinta diproduksi tubuh saat seseorang bersosialisasi positif dengan orang lain.

"Penawar nomor satu untuk stres itu adalah oksitosin. Oksitosin bisa cepat diproduksi saat berhubungan dengan orang lain. Itu lah mengapa kemampuan menyembuhkan seorang psikolog setengahnya datang dari mendengarkan pasien. Pasien mendapat tambahan produksi oksitosin saat bercerita pada psikolog," papar Kimberly.

3. Sesekali gerakkan badan

Deadline, rapat bergilir, bahkan mengerjakan setumpuk pekerjaan hingga lembur membuat karyawan seringkali terlalu lama duduk sehingga risiko penyakit.

Dari penelitian yang sudah ada, diketahui bahwa terdapat hubungan antara kebiasaan duduk dalam waktu lama dengan sejumlah masalah kesehatan seperti kegemukan dan kelainan metabolik. Kelainan metabolik ini merupakan sekumpulan kondisi gangguan kesehatan termasuk tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, dan kelebihan lemak di sekitar pinggang dan kadar kolesterol yang tidak normal.

Praktisi hidup sehat, dr Phaidon L Toruan, MM, mengatakan walaupun punya kebiasaan olahraga beberapa jam dalam seminggu, tidak secara signifikan akan menurunkan risiko. "Solusinya adalah mengurangi jumlah jam duduk, dan lebih banyak bergerak," sambungnya.

 

Idealnya seseorang yang duduk selama 2 jam berturut-turut disarankan untuk menggerakkan badannya. dr Phaidon memberi saran hal ini dapat dilakukan dengan perbanyak berjalan dalam kantor atau menerima telepon dengan berdiri.

4. Waspada udara dingin

Bekerja di tempat dengan air conditioner (AC) tentu menyenangkan, terlebih jika udara di luar panas suhunya. Akan tetapi meski nyaman, bekerja terlalu lama di ruangan AC ini memiliki risiko yang buruk untuk kesehatan.

"Ruang ber-AC yang sedang nyala sebenarnya hampir sekering padang pasir. Ini terjadi karena AC biasanya menarik kelembaban dari suatu ruangan. Dengan demikian, AC mengurangi kelembaban kulit dan menyebabkan kulit terasa kering dan teregang. Hal ini sangat terasa bagi mereka yang memiliki kulit kering," kata praktisi hidup sehat, dr Phaidon L. Toruan kepada detikHealth beberapa waktu lalu.

Udara dingin juga baru-baru ini dipastikan dapat membuat seseorang lebih mudah terserang pilek. Hidung yang dingin ditemukan oleh peneliti dari Yale University menjadi tempat favorit Rhinovirus yang sering menyebabkan pilek berkembang biak.

Dr Akiko Iwasaki yang terlibat dalam studi menemukan dua alat penting yaitu sensor yang mendeteksi infeksi dan zat kimia yang memandu imun tubuh bekerja kurang efektif pada temperatur rendah. Oleh karena itu peneliti mengatakan mungkin inilah alasan mengapa pilek lebih sering terjadi saat musim dingin.

5. Rajin minum air

Saat sibuk bekerja seseorang terkadang lupa akan kebutuhan air tubuhnya. Akibatnya tubuh akan dehidrasi dan hal tersebut bisa memicu masalah seperti batu ginjal seperti dikatakan oleh dr Sigit Solihin, SpU, dari RSU Bunda Jakarta.

"Terutama di tempat AC karena dingin orang jadi tidak merasa haus padahal tubuhnya dia dehidrasi," kata dr Sigit.

Untuk mencegahnya dr Sigit menyarankan agar selalu menjaga kadar cairan dalam tubuh. Dalam sehari ia menyarankan agar meminum 2 sampai 3 liter air dan dijaga minumnya meski tidak merasa haus.

6. Istirahatkan mata

Berlama-lama bekerja di depan komputer juga harus diperhatikan. Mata lelah kerap dikeluhkan oleh orang yang sehari-hari bekerja di belakang meja dan harus menghadapi layar komputer. Akibatnya minus pada mata adalah yang sering dirasakan oleh pekerja.

dr Surya Utama, SpM, dari Eka Hospital Pekanbaru mengatakan kondisi mata yang memerah, berair, dan sakit di sekitar alis mata adalah tanda mata sudah lelah.

Untuk mengatasinya dr Surya menyarankan mengistirahatkan mata setiap satu jam dengan mengalihkan pandangan secara jauh dan fokus pada hal-hal berwarna hijau untuk memberi stimulus pada saraf.

Selain itu mengatur kontras cahaya pada layar komputer agar tidak silau juga bisa dilakukan sehingga mata jadi tidak cepat lelah. (dtk)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top