Senin, 22 Juli 2019 |
FokusJambi - Hukum & Kriminal

3 Spesialias Pencuri Mobil Pickup di Lumpuhkan Dengan Timah Panas

Rabu, 30 Maret 2016 | 13:53:12 WIB wib Dibaca: 767 Pengunjung
pelaku saat ditangkap

 

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Tim Buru sergap (Buser) gabungan Polresta Jambi dan polsek pasar kota Jambi, selasa tadi malam (29/03) menangkap 3 pelaku pencurian spesialis pencuri mobil Pickup di sejumlah wilayah kota Jambi.

Para pelaku yang Sempat menjadi daftar buronan atau DPO oleh pihak kepolisian selama tiga pekan ini, dianggap telah meresahkan masyarakat karena berulang kali melakukan pencurian roda empat khusus mobil pickup, hasil pengintaian polisi akhirnya komplotan pelaku berhasil ditangkap usai melancarkan aksinya, dimana ke tiga kawan pelaku tersebut ditangkap di tempat terpisah dengan keadaan luka tembak dibagian kaki kanan maupun kiri, karena mereka berupaya melakukan perlawanan dan berusaha kabur.

Kapolsekta Pasar Komisaris Polisi Ridwan Hutagaol yang memimpin langsung penangkapan ini mengatakan, aksi kawanan pencuri tersebut terhenti setelah Selasa siang kemarin (29/03) dimana pelaku inisial Y (23) awalnya ditangkap dikawasan Handil Jaya Kecamatan Jelutung, hingga dilakukan pengembangan dan ditangkap pula pelaku inisial J (35) dikawasan TAC Kecamatan Telanaipura. Tidak sampai disitu petugas yang saat itu masih terus melakukan pengembangan, akhirnya kembali mengejar pelaku lainnya yang sempat kabur dikawasan Mestong, Kabupaten Muaro Jambi, bersama satu orang temannya dengan mengendarai sepeda motor, namun berhasil dicegat oleh tim buser Polsek Mestong yang pada saat itu sempat dihubungi oleh petugas, karena pelaku melarikan diri dikawasan hukum Polsek Mestong.

Pelaku P (25) yang berhasil kabur dari kejaran petugas ditangkap dikawasan Mestong oleh tim buser Polsek Mestong pada pukul 17.30WIB Namun rekan pelaku yang saat itu sedang bersama P berhasil kabur saat penangkapan menuju kedalam area hutan yang kini dalam pengejaran petugas.

Sementara Kepala Kesatuan Reskrim Polresta Jambi Kompol Dhoni Agustama menjelaskan, ketiga pelaku yang berinisial P (25), J (23) dan Y (35) tersebut merupakan pelaku spesialis pencuri kendaraan roda empat, sasaran mereka adalah mobil korban yang terparkir dipinggir halaman rumah ataupun dihalaman pinggir jalan.

" Saat ini baru tiga pelaku yang berhasil kita amankan, namun tidak tutup kemungkinan adanya pelaku-pelaku lainnya yang terlibat, karena masih dalam masa pengembangan, karena ada pelaku lainnya yang berhasil kabur saat penangkapan," ujar Dhoni di Mapolresta Jambi, Rabu (30/03)

" Ditangkapnya pelaku dikarenakan banyaknya laporan baik dari Polsek Kotabaru, Jambi Selatan maupun Polsek jajaran. Namun dari hasil pemeriksaan kita ada delapan TKP yang mereka lakukan, selama kurun waktu enam bulan terakhir, yang kini masih dalam penyelidikan kita," sambungnya

Mantan Kasat Sabhara Polresta Jambi ini juga menyebutkan, jika dari penangkapan yang dilakukan secara terpisah pelaku-pelaku tersebut sempat mencoba kabur dari kepungan petugas hingga dilakukan tindakan tegas untuk dilumpuhkan.
"Benar  kita telah menangkap 3 orang spesialis curi roda empat di Kota Jambi dan saat ini sedang diamankan di Polresta Jambi guna penyelidikan," kata kasat Reskrim

Ketiganya ditangkap di tempat berbeda. P diamankan di Mestong, sedangkan Y dan J di TAC Jambi. Kesemuanya dilumpuhkan dengan timah panas karena berusaha melawan aparat saat hendak diamankan


Dari beberapa hasil barang curian yang mereka curi rata-rata dijual masih di dalam daerah Provinsi Jambi, namun ungkap Dhoni jika tidak tutup kemungkinan barang hasil curian dijual pelaku dikawasan Sumatera Selatan Palembang.

" Untuk hasil curian mereka ini masih dalam penyelidikan kita, untuk kita ungkap dimana keberadaannya, namun ada satu barang bukti mobil carry yang berhasil kita amankan dari tangan pelaku," pungkasnya.(Uti)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top