Sabtu, 16 Desember 2017 |
FokusJambi - Kesehatan & Gaya Hidup

Tak Cuma Mental, Depresi Juga Berkaitan Erat dengan Kondisi Fisik Seseorang

Selasa, 06 Januari 2015 | 10:37:51 WIB wib Dibaca: 431 Pengunjung
(dok: google)

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, JAKARTA - Depresi menjadi salah satu masalah kejiwaan yang rentan dialami banyak orang. Akhir-akhir ini pun, para pakar berpendapat bahwa depresi nyatanya juga terkait dengan masalah fisik dan tak melulu soal masalah kejiwaan seseorang.

Dikatakan George Slavich selaku psikolog kilinis di University of California, Los Angeles, depresi juga dipengaruhi oleh kondisi fisik seseorang. Kemudian, memengaruhi kesehatan mental orang yang bersangkitan.

"Bisa dikatakan kini depresi tak melulu soal keadaan kejiwaan seseorang saja. Depresi tidak hanya melibatkan faktor psikologi tetapi juga melibatkan faktor biologi dan kesehatan fisik," tutur Slavich kepada The Guardian dan dikutip pada Senin (5/1/2015).

Bukan tanpa alasan, Slavich mengutarakan ketika orang merasa sengsara atau kesusahan saat mereka sakit, akan timbul perasaan tidak mampu berbuat apa-apa. Nah, kondisi itu sangat mirip dengan gejala khas depresi.

Apalagi, menurut Slavich, dalam kondisi depresi atau sakit, sitokin (protein yang menimbulkan perasaan sakit pada otak) serta peradangan pun meningkat. Seperti diketahu, akibat peradangan, maka pertahanan tubuh terhadap penyakit menirin.

Sementara itu, psikiater di Kongs College London, Carmine Pariante mengatakan dalam waktu 5-10 tahun mendatang, diharapkan bisa tersedia tes darah yang bisa mengukur kadar peradangan pada tubuh seseorang yang mengalami depresi. Dengan demikian, diharapkan pengobatan yang diberikan bisa lebih optimal.

"Meski bukan tes darah lengkap, saat ini peneliti telah mengembangkan tes darah lewat tusuk jari untuk memonitor peradangan. Setidaknya, lewat cara itu depresi bisa diatasi dengan melihat faktor lain yakni peradangan pada tubuh seseorang dan juga kondisi fisik yang bersangkutan," terang Pariante. (dtk)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top