Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Nasional

Sumatera Selatan Siap Berkompetisi Tarik Investasi Dunia

Selasa, 26 Juli 2016 | 11:35:25 WIB wib Dibaca: 112 Pengunjung
Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin

 

FOKUSJAMBI.COM, Palembang - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menyampaikan kesiapan wilayah pimpinannya untuk bersaing menarik investasi dunia dalam kegiatan Regional Investment Forum (RIF) yang digelar Badan Koordinasi Penanaman Modal.

"Kami siap dan menunjukkan bahwa Sumatera Selatan merupakan tujuan utama investasi yang siap memfasilitasi investor asing yang berminat menanamkan modalnya di Indonesia," katanya di Palembang, Selasa.

Alex menuturkan, wilayahnya siap bersaing dengan provinsi-provinsi lain di Indonesia, juga pada alternatif lokasi investasi lain di luar Indonesia seperti Vietnam, Thailand, Malaysia maupun negara-negara tetangga lainnya yang merupakan pesaing Indonesia.

Menurut dia, Sumatera Selatan memiliki sejumlah keunggulan yang dipastikan dapat menarik investasi seperti kekayaan sumber daya alam, kesiapan infrastruktur hingga keamanan yang kondusif.

"Wilayah kami ini ibarat 'showbiz'. Pasalnya, separuh batubara nasional ada di sini. Untuk pertanian, kami punya karet, sawit dan beras yang tahun ini surplus 2,2 juta ton. Belum lagi pasokan energi yang diperkirakan surplus hingga 225 MW dengan adanya PLTU. Gas dari kami pun sudah bisa menerangi Singapura dan Jawa," paparnya.

Dari segi infrastruktur, provinsi yang pernah menggelar SEA Games 2011 itu diklaim telah memiliki infrastruktur bertaraf internasional yang dapat mendukung masuknya investasi.

"Infrastruktur Sumsel ini kelas dunia, bertaraf internasional. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) kami juga selama tiga tahun berturut-turut berada di posisi kedua setelah Jawa Timur. Dan yang paling penting, iklim kami kondusif karena keamanan yang stabil," katanya.

Alex lebih lanjut menjelaskan, kesiapan wilayahnya dalam menarik investasi juga ditunjukkan dengan segala persiapan menyambut ajang Asian Games yang akan dihelat 2018 mendatang.

"Itu sebenarnya tujuannya bukan Asian Gamesnya tapi menunjukkan bahwa infrastruktur Sumatera Selatan seperti LRT, jembatan Musi dan proyek infrastruktur yang saat ini sedang dikerjakan siap mendukung investasi yang akan dilakukan oleh investor-investor baik domestik maupun asing," jelasnya.

Dari data BKPM, realisasi investasi Sumatera pada 2015 sebesar Rp84,4 triliun, tumbuh sebesar 19 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp71 triliun.

Sementara pada triwulan I tahun 2016, realisasi investasi Sumatera mencapai Rp33 triliun, naik 63.9 persen jika dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp21,1 triliun dengan pertumbuhan tertinggi di Sumatera Selatan (385 persen), Sumatera Barat (177 persen) dan Jambi (34 persen).

Merujuk pada potensi investasi kawasan Sumatera yang cukup menjanjikan, maka diharapkan pada 2016 pulau itu mampu menyumbang Rp89,22 triliun, atau 15 persen dari target investasi nasional sebesar Rp594,8 triliun. (Ant)

 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top