Jumat, 15 Desember 2017 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum - Sosial & Budaya

RIBUAN MASYARAKAT JAMBI PADATI JEMBATAN GENTALA ARASY DEMI MENYAKSIKAN BATANGHARI RIVER FESTIVAL

Rabu, 22 November 2017 | 23:53:25 WIB wib Dibaca: 326 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI -Pelepasan 1000 lampion, Rabu malam (22/11/2017) meriahi Batanghari River Festival yang dilangsungkan di pelantara salah satu ikon provinsi jambi, jembatan gentala arasy. Acara batanghari river Festival ini juga menampilkan Fashion show kereasi busana jambi, musikalisasi puisi dan penampilan lainnya.

Gubernur Jambi  Zumi Zola juga membagikan Sertifikat Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Provinsi Jambi yang telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda oleh Indonesia tahun 2017 kepada 3 kabupaten di malam Batanghari River Festival.

Merangin nama WBTB Tari Kadam, Sarolangun nama WBTB Melangon Orang Rimbo, Hompongan Orang Rimbo, Ubat Ramuon, Sibalik Sumpah, Ambung Orang Rimbo, Cawot, Saling/ngambek Rapah, Tari Elang Orang Rimbo, Muaro Jambi nama WBTB Musik Gambang Dano Lamo.

Zola juga berharap untuk kesenian  Jambi harus ada regenerasi untuk melanjutkan dan melestarikan budaya Jambi.

"Generasi muda harus peduli, Karena sekarang sudah banyak para penggiat seninya sudah usia tua jadi harus ada yang melanjutkannya, jika tidak ada maka budaya kita hannya menjadi sejarah."ujarnya

Sementara itu, Nandy salah satu pengunjung batanghari river festival mengaku takjub akan acara ini, ia juga berharap acara ini dilaksanakan secara berkelanjutan.

"acara ni elok nian, masyarakat jambi ngumpul galo untuk nengok acara ko, sayo berharap acara batanghari river festival iko berkelanjutan setiap tahunnyo," pungkasnya.

Acara Batanghari River Festival ini akan berlangsung hingga 25 november dimeriahkan oleh kesenian-kesenian daerah jambi.(Rif)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top