Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Nasional

Pemkab Jamin Persediaan Sapi Potong Idul Fitri

Senin, 20 Juni 2016 | 15:04:04 WIB wib Dibaca: 108 Pengunjung
ilustrasi

 

FOKUSJAMBI.COM, Painan, Sumbar - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menjamin persediaan sapi potong cukup untuk memenuhi kebutuhan lokal pada Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah mendatang.

"Saat ini persediaan sapi di kabupaten ini sekitar 74 ribu ekor di tingkat peternak. Khusus sapi potong masih tersedia sebanyak 23 ribu ekor," kata Kepala Dinas Peternakan Pesisir Selatan Nuzirwan di Painan, Senin.

Persediaan itu diperkirakan cukup untuk kebutuhan lokal hingga Lebaran Idul Fitri mendatang. Karena kebutuhan sapi potong untuk konsumsi lokal diprediksi hanya sekitar 17 ribu ekor. Meningkat dari tahun lalu yang hanya sebanyak 14 ribu ekor.

Sedangkan khusus untuk kebutuhan lokal hingga Idul Fitri 1437 Hijriyah mendatang diprediksi sekitar 7 ribu hingga 8 ribu ekor, berbeda dengan tahun lalu hanya sebanyak 6 ribu ekor. Sementara kebutuhan luar daerah, pada tahun lalu (2015) kabupaten itu memasok sapi potong sebanyak 8 hingga 9 ribu ekor. Pada tahun ini diprediksi meningkat menjadi 10 ribu ekor.

"Sapi potong tersedia hampir disemua sentra produksi ternak yang ada di kabupaten itu. Dari persediaan yang ada saat ini diyakini sudah melebihi untuk kebutuhan sapi potong konsumsi dalam dan luar daerah," tambahnya.

Menurutnya, kabupaten itu juga merupakan salahsatu daerah pemasok sapi kurban bagi daerah lainnya di Sumbar. Perdagangan sapi, ke luar daerah terjadi sekitar 14 ribu ekor per tahun.

Khusus hari raya Idul Fitri rata-rata daerah itu memasok sekitar 8 ribu hingga 9 ribu ekor sapi potong. Sedangkan pada Idul Adha permintaan mencapai sekitar 10 ribu hingga 12 ribu ekor per tahun.

Mengantisipasi lonjakan harga dan beredarnya daging sapi yang mengandung berbagai penyakit maka saat akan Lebaran Idul Fitri mendatang seperti biasa pemkab setempat juga akan melakukan pengawasan ketat bagi pemotongan hewan itu Pengawasan akan dilakukan oleh petugas kesehatan hewan di semua tempat pemotongan hewan dan pasar ternak yang ada di kabupaten itu. Pemeriksaan yang akan dilakukan petugas seperti terhadap antemortem dan posmortem.

Jusni (46) seorang warga mengatakan, selain cukupnya persediaan untuk memenuhi kebutuhan lokal, ia beharap harga daging sapi tidak melonjak tinggi pada lebaran Idul Fitri mendatang. (Ant)
 

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top