Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

PEDULI KEBERSIHAN, ZUMI ZOLA DAN KADIS PU TURUN LANGSUNG BERSIHKAN SUNGAI TEMBUKU DI SIJENJANG

Sabtu, 10 Desember 2016 | 20:17:44 WIB wib Dibaca: 231 Pengunjung
gubernur jambi zumi zola di dampingi Kadis PU Dodi irawan saat membersihkan sampah di sungai seijenjang, kecamatan jambi timur

 

FOKUSJAMBI.COM, KOTAJAMBI - Peduli terhadap lingkungan sekitar bisa dilakukan siapa saja, tak terkecuali Gubernur Jambi. Sabtu pagi (10/12), Zumi Zola, bersama Kadis PU Provinsi jambi Dodi Irawan ikut serta bergotong royong untuk membersihkan Sungai Tembuku, yang berada di kawasan Seijenjang, Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi.

Gotong royong di Sungai Tembuku Sijenjang tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi melalui Bidang Sumber Daya Air, bekerjasama dengan Komunitas Peduli Sungai.

Didampingi oleh Kepala Dinas PU Provinsi Jambi dan Komunitas Peduli Sungai, Zola meninjau Sungai Tembuku yang disesaki sampah, terutama di pintu air dan bawah jembatan, terdiri dari sampah plastik, kaleng, botol, dan lain-lain. Zola juga ikut membersihkan sungai tersebut.

Zola mengungkapkan, sejarah dan peradaban Provinsi Jambi tidak bisa dilepaskan dari sungai, sungai bermanfaat sangat besar bagi masyarakat, yang bisa memberikan penghidupan, dan juga digunakan sebai jalur transportasi. Maka dari itu, Zola menghimbau seluruh masyarakat Provinsi Jambi untuk menjaga dan melestarikan sungai, diantaranya dengan tidak membuang sampah ke sungai, menjaga kebersihan sungai.

"Sudah sama-sama kita saksikan, sangat banyak sampah di sungai ini, dan sampah itu bukan kemarin, tetapi mungkin sudah berbulan-bulan. Sungai harus kita bersihkan. Saya menyambut dengan sangat baik dilaksanakannya kegiatan ini," ujar Zola.

"Jangan jadikan sungai sebagai tempat sampah, semua pihak harus berhenti membuang sampah di sungai. Jangan sampai sungai tidak bisa digunakan lagi. Ini tantangan bagi kita" tegasnya.

Zola mengungkapkan, tantangan terberat dalam membersihkan sungai dari sampah adalah mengedukasi atau memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada masyarakat, yang selama ini biasa membuang sampah di sungai, untuk mengubah kebiasaan, tidak lagi membuang sampah di sungai.

"Hari ini kita berkumpul bersama masyarakat, para RT, dinas terkait yakni Dinas PU, dan Komunitas Peduli Sungai, untuk sama-sama membersihkan sungai ini,"ungkap zola di sela kegiatan gotong Royong. (Hms/Uti)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top