Jumat, 15 Desember 2017 |
FokusJambi - Teknologi & Inet

KARTU IDENTITAS ANAK SAMA SEPERTI KTP

Senin, 13 November 2017 | 17:46:18 WIB wib Dibaca: 580 Pengunjung
ilustrasi kartu identitas anak (KIA)

FOKUSJAMBI.COM, KOTA JAMBI - Pemerintah pusat melalui kementerian dalam Negeri Melounching pembuatan kartu identitas anak(KIA) Dan ini adalah salah satu program pemerintah pusat dalam penyaluran KIA.

Kabid Kependudukan dan Catatan Sipil Dinas Sosial dan Dukcapil Provinsi Jambi Betty Sakura mengatakan, jika Program KIA menyesuaikan anggaran dan kesiapan dari Pemerintah Kabupaten/Kota. Kabupaten Tebo sendiri sudah menjalankan program ini sejak tahun 2016.

Selain dikabupaten Tebo, dijelaskan Betty kartu identitas anak ini juga akan diuji coba di Kabupaten Kerinci dan Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

"Kartu identitas anak atau KIA diberikan oleh Dirjen dukcapil sebanyak 95.417 blangko dan saat ini provinsi Jambi baru mencetak 8.536 kartu dengan cerita blangko 50.881 blangko,"tuturnya

lanjut Betty,rendahnya kesadaran masyarakat di sejumlah Kabupaten/Kota untuk mengurus akta kelahiran anak, mengakibatkan sedikitnya anak yang memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Betty juga menjelaskan ,bahwa fungsi daru KIA ini sama halnya dengan KTP Elektronik dan juga sebagai perlindungan terhadap identitas anak. 

“KIA membantu anak-anak untuk menunjukkan identitasnya, bahwa mereka adalah anak Indonesia dan nantinya saat anak berpergian menggunakan pesawat atau kendaraan lainnya bisa membantu mempermudah urusan,” ujarnya.

Kartu identitas anak ini hanya diperuntukkan untuk anak usia 0 hingga 17 tahun, dengan ketentuan anak yang baru lahir atau bayi (KIA) akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran. Untuk anak yang belum berusia 5 tahun dan belum mempunyai KIA harus memenuhi persyaratan seperti fotocopy kutipan akta kelahiran dan menunjukkan kutipan akta kelahiran asli, KK asli orang tua /Wali dan KTP asli kedua orang tua/wali. Serta untuk yang berusia 5 tahun keatas juga dilengkapi dengan foto anak berwarna ukuran 2X3 sebanyak 2 lembar.(Rif)

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top