Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Pendidikan

Jangan Dilihat Bentuk Fisik Bangunannya, Lihat Kualitas Sekolahnya

Kamis, 26 Maret 2015 | 19:08:44 WIB wib Dibaca: 434 Pengunjung
ilustrasi Dok : FokusJambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia (Mendikbud RI), Anies Baswedan , dalam sambutannya menyebutkan di negara Indonesia ini tidak harus semuanya bangunannya mengunakan beton atau tembok, karena bangunan sekolah yang terbuat dari bambu atau kayu merupakan ke arifan lokal.

"Seharusnya sekolah yang terbuat dari material bambu dan kayu yang harus di budayawan, karena yang kita butuhkan ada kualitas pendidikan yang kita utamakan bukan dari bentuk fisik gedung sekolahnya," Kata Anies Baswedan, menteri pendidikan dan kebudayaan RI, saat memberi sambutan pada acara Rapat koordinasi perencanaan pendidikan se provinsi Jambi, kamis (26/03).

Lanjutnya, untuk mutu pendidikan bukan dilihat dari bentuk material bangunannya, namun yang paling penting adalah isi materi atau pelajaran yang di sampaikan oleh guru kepada siswa.

"Ketika kita berbicara masalah sarana prasana memang kita memiliki konstrin yang bervariasi secara umum lebih mudah menambah ruang kelas baru dari pada sekolah baru, dan kita akan mendorong adanya perbaikan-perbaikin fasilitas kelas," ucap Anies.

"Dan Kita ingin mereview seperti adanya sekolah yang terbuat dari kayu yang usianya lebih dari 30 tahun. Saya berkali-kali mengatakan bahwa sekolah kita boleh pake kayu dan bambu, kenapa sekolah harus pake tembok," tambahnya.

Meski bangunan sekolah yang terbuat dari non permanen seperti bambu dan kayu di anggap keterbelakangan, tidak ada masalah yang penting kualitasnya yang diutamakan.

"Turis-turis asing saja terpesona dengan bangunan-bangunan bambu. Kita terpesona dengan ‎serba indah tapi kita lupa dengan kekayaan alam kita lupa. Coba daya kreatifitas kita muncul tapi bukan mengorbankan kualitas, inikan masalah material, materialnya semen atau materialnya bambu, yang penting kualitasnya," tutupnya. (Tri)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top