Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Jambi Surplus Sapi/Kerbau 2.809 Ekor

Jumat, 10 Juni 2016 | 15:29:42 WIB wib Dibaca: 250 Pengunjung
ilsutrasi

 

FOKUSJAMBI.COM, Jambi - Dinas Peternakan Provinsi Jambi memastikan selama bulan puasa hingga hari raya Idul Fitri 1437 Hijriah nanti provinsi itu surplus sapi dan kerbau hingga 2.809 ekor.

"Stok sapi dan kerbau mencukupi bahkan surplus. Dari hasil pertemuan kita dengan kabupaten/kota, posisi sekarang tersedia 7.264 ekor sapi dan kerbau siap potong. Itu untuk mengantisipasi selama puasa dan lebaran," kata Kepala Dinas Peternakan provinsi setempat, Akhdiyat di Jambi, Jumat.

Sedangkan kebutuhan masyarakat di provinsi Jambi dalam hitungan Disnak kata Akhdiyat sebanyak 4.455 ekor dengan konsumsi terbanyak di Kota Jambi.

Sebab itu kata Akhdiyat masyarakat tidak perlu khawatir dengan ketersedian daging segar sapi dan kerbau saat lebaran nanti.

Terkait harga daging menjelang lebaran itu, Disnak katanya akan terus memantau harga di pasaran. Dan tentunya menggelar operasi pasar untuk menekan harga.

"Khusus operasi pasar kita sediakan 212 ekor sapi, kita lakukan oeprasi pasar dibanyak titik. Itu supaya para pembeli terpecah dan tidak menyerbu satu titik saja. Sebab jika hanya satu titik harga dikhawatirkan melonjak padahal stok dan kebutuhan posisinya surplus," katanya menjelaskan.

Kondisi kritis harga itu katanya terjadi pada H-3 hingga H-1 lebaran, untuk itu operasi pasar akan dilakukan juga sejak H-3 lebaran.

Akhdiyat tidak bisa memastikan harga daging di bawah Rp100 ribu sesuai gerakan Presiden Joko Widodo yang mendatangkan daging beku. Sebab Jambi belum mendapat alokasi daging beku tersebut.

"Kalau harga di tingkat pedagang mungkin bisa mencapai Rp140-150 per kilogram seperti tahun lalu, nah dengan operasi pasar kita akan menjual Rp120-130 per kilogram," katanya menambahkan. (Ant)
 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top