Jumat, 15 Desember 2017 |
FokusJambi - Advetorial - Pemerintahan

JAMBI JADI PERCONTOHAN PEMBUATAN BUKU PETUNJUK KRIYA

Senin, 07 Agustus 2017 | 10:40:16 WIB wib Dibaca: 168 Pengunjung

Sherrin Tharia Minta Pengurus Dekranasda Bekerja Maksimal

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jambi, Hj.Sherrin Tharia Zola menyampaikan, Provinsi Jambi menjadi provinsi percontohan pembuatan buku directory (petunjuk) untuk kriya (hasil karya), serta menjadi file project (arsip percontohan) kerjasama antara Dekranas Pusat dengan belanja.com. Hal ini disampaikan Sherrin Tharia saat memimpin Rapat Persiapan Kegiatan Sosialisasi Mobile Aplikasi Kriya, Website Dekranas, Survey Directory Book dan Program Go Online Kementerian Komunikasi dan Informasi RI, bertempat di VIP Room Rumah Dinas Gubernur Jambi, Minggu (06/08/2017) sore.

Sherrin mengungkapkan, Provinsi Jambi diberikan kesempatan dan diprioritaskan untuk menunjukkan kelebihan kriya yang dimiliki oleh Provinsi Jambi saat ini. Untuk itu, Sherrin minta pengurus Dekranasda Provinsi Jambi untuk mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pembuatan buku petunjuk kriya tersebut sebaik mungkin, bekerja semaksimal mungkin. "Saya mohon sekali untuk seluruh pengurus Dekranasda Provinsi Jambi, adanya keseriusan untuk menanggapi apa yang akan disampaikan oleh Ibu Triana Rudiantara (istri menkominfo)," ungkap Sherrin.

"Saya mengharapkan sekali, pengurus Dekranasda Provinsi Jambi bisa menunjukkan keseriusan dan benar-benar menguasai materi daerah, karena pengurus Dekranas Pusat ingin bersinergi dengan kita dan pengurus Dekranasda Provinsi Jambi harus benar benar mengetahui potensi yang ada di Jambi," harap Sherrin.

Sherrin mengatakan, Provinsi Jambi menjadi file project pembuatan buku directory untuk kriya, dimana nanti itu akan ada baju adat, kain-kain kuno serta ciri khas yang ada di Provinsi Jambi untuk dimasukkan menjadi bagian dari buku directory kriya nantinya.

"Kami sudah mengumpulkan semua, baik itu baju baju adat, kain-kain, serta yang menjadi ciri khas di semua Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Jambi untuk menjadi data yang akan dibuat buku serta buku itu nantinya di-launching saat hari ulang tahun Dekranas pada bulan September nanti," terang Sherrin.

Sherrin menerangkan, selain menjadi file project pembuatan buku directory kriya, Provinsi Jambi juga sebagai file project kerjasama antara Dekranas Pusat dengan belanja.com, dimana ini merupakan langkah awal yang baik bagi Provinsi Jambi agar para pengrajin yang ada di Provinsi Jambi memiliki suatu wadah untuk menjual hasil kerajinannya.

"Para pengrajin nantinya akan mengelola sendiri akun mereka di belanja.com ini, untuk barang barang yang akan mereka jual dengan cara meng-upload barang kerajinan mereka serta langsung bertransaksi dengan para konsumen yang akan membeli barangnya. Kami dari Dekranasda Provinsi Jambi memfasilitasi para pengrajin," jelas Sherrin.

Sherrin menambahkan, nantinya Dekranasda Provinsi Jambi juga akan bekerjasama dengan dharma wanita, anak anak sekolah, mahasiswa, blogger serta orang orang yang mengerti informasi dan teknologi untuk bisa membantu para pengrajin dalam mewujudkan kerjasama dengan belanja.com tersebut.

"Saya sangat mengharapkan adanya sinergi antara Dekranasda Provinsi dengan Dekranasda Kabupaten/Kota, agar nantinya, apa apa saja yang dibutuhkan oleh Dekranas Pusat bisa diakomodir dan terealisasi dengan baik, karena kita sendiri yang mengetahui potensi-potensi mulai dari baju adat, batik, perhiasan dan lainnya yang bisa kita tonjolkan," pungkas Sherrin. (hms)

 

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top