Sabtu, 16 Desember 2017 |
FokusJambi - Advetorial - Pendidikan

Hj.Yusniana : Student Festival Penting Bagi Pengembangan Kreativitas Anak

Senin, 20 April 2015 | 19:26:41 WIB wib Dibaca: 365 Pengunjung
ilustrasi Dok : Google

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Ketua TP-PKK Provinsi Jambi sekaligus Bunda PAUD Provinsi Jambi Hj.Yusniana Hasan Basri menekankan pentingnya pelaksanaan student festival (festival pelajar) yang pertama kali dilaksanakan oleh Citra Nusantara School (CNS) sebagai wadah bagi pengembangan kreativitas anak. Pernyataan ini disampaikan pada saat pembukaan student festival ,Sabtu (18/4) bertempat di halaman CNS Tanjung Pinang. Hadir pada kesempatan ini perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi dan Kota Jambi, Pimpinan dan para Majelis Guru CNS, serta orang tua murid dan para peserta festival.

Hj.Yusniana Hasan Basri memberikan apresiasinya yang merupakan salah sati upaya meningkatkan dan menggalakkan eksistensi dan budaya daerah serta ilmu pengetahuan di Provinsi Jambi. “Festival yang dilaksanakan ini merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan minat dan bakat para anak didik mulai usai dini dari PAUD, siswa SD maupun SLTP yang memanfaatkan keanekaragaman kelimuan dan kesenian sebagai kearifan budaya lokal yang tersebar luas di bumi sepucuk Jambi sembilan Lurah serta budaya nusantara dari sabang hingga merauke”ucapnya.

Dilanjutkan Hj.Yusniana bahwa dengan pemahaman keanekaragaman seni budaya tersebut bisa dilakukan melalui berbagai cara, termasuk salah satunya lomba seni dengan frame budaya harus tetap berkembang, hal ini merupakan salah satu pembentuk karakter bangsa.”Hanya bangsa yang berkarakterlah yang mampu bertahan di tengah arus globalisasi. Melalui kegiatan ini diahrapkan dapat memupuk rasa nasionalisme dan menangkal budaya negative dari luar seiring arus globalisasi yang pesat ini, sehingga budaya kita dapat terjaga dan lestari”ungkapnya.

Dijelaskan Hj.Yusniana bahwa pengaruh kebudayaan luar terhadap kehidupan bangsa sepertinya telah memperlihatkan dampak yang tidak sejalan dengan nilai-nilai budaya Indonesia. “Bahkan tidak jarang pengaruh itu beanr-benar menyimpang, bahkan kontroversi dalam proses perkembangan kebudayaan kita, dalam kondisi yang demikian itu, kita harus dapat menempatkan sistem nilai masyarakat kita yang dilandasi secara apik oleh masyarakat kita yang kita pahami dan kita anut. Kita patut mencontoh Negara-negara yang tetap menjunjung tinggi kebudayaannya, seperti Jepang, China, India, yang saat ini kebudayaannya masih terjaga bahkan dapat berkembang di tengah arus globalisasi”jelasnya.

Hj.Yusniana berharap bahwa kegiatan ini bukan hanya terletak pada seremonial akan tetapi kegiatan ini hendaknya dapat mamacu semangat dan kretivitas anak didik. “Kita dan seluruh stake holder diharapkan untuk dapat berpartisipasi dan berdedikasi dalam pendidikan guna mengembangkan potensi anak-anak didik kita dimasa kini dan yang akan datang. Selanjutnya kegiatan ini diharapkan akan terus berlanjtu guna pengembangan inovasi serta pelestarian budaya dan terus konsisten untuk memberikan motivasi bagi anak-anak didik kita sehingga potensi dan kemampuan seni dan inovasi anak-anak kita dapat digali dan dikembangkan”katanya. (Adv)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top