Senin, 18 Desember 2017 |
FokusJambi - Advetorial

Gubernur: UMKM Harus Terus Dibina Dan Dikembangkan

Kamis, 30 Juli 2015 | 19:37:41 WIB wib Dibaca: 264 Pengunjung

FOKUSJAMBI.COM,  KERINCI - Gubernur Jambi, H.Hasan Basri Agus (HBA) menegaskan bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus terus dibina dan dikembangkan. Hal tersebut dinyatakan oleh gubernur dalam Temu Usaha Gubernur Jambi dengan UMKM se Kabupaten Kerinci, bertempat di Desa Senggaran Agung, Kecamatan Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Rabu (30/7) sore.

Gubernur mengungkapkan, jika UMKM kuat, ekonomi daerah dan negara akan kuat. Dan, UMKM sebagai ekonomi kerakyatan, telah terbukti paling kuat terhadap krisis ekonomi tahun 1998.

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya memberikan bantuan terhadap UMKM di Provinsi Jambi, baik permodalan maupun pembinaan, dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memajukan daerah.

Gubernur menyatakan, untuk tahun 2015, Pemerintah Provinsi Jambi melalui Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jambi memberikan bantuan Rp300 juta untuk UMKM Kabupaten Kerinci.

Selain itu, gubernur sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Bupati Kerinci, dimana satu-satunya bupati di Provinsi Jambi yang menyerahkan izin UMKM ke kecamatan adalah Bupati Kerinci.

Pada kesempatan tersebut, gubernur secara simbolis menyerahkan 1.Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK), 2.bantuan sosial dari Menteri Koperasi dan UKM RI, 3.sertifikat tanah, serta 4.Penandatangnan akad kredit bantuan permodalan kepada UMKM dari Bank Jambi Cabang Kerinci.

Selanjutnya, diadakan dialog antara pelaku UMKM Kabupaten Kerinci dengan Gubernur Jambi, Bupati dan Wakil Bupati Kerinci, yang juga diikuti oleh beberapa orang pejabat terkait dari Pemerintah Provinsi Jambi dan Pemerintah Kabupaten Kerinci.

Wakil Bupati Kerinci, H.Zainal Abidin, dalam sambutannya menyatakan, eksistensi UMKM sangat membantu pemerintah dalam penyerapan tenaga kerja, yang berdampak pada pengurangan jumlah pengangguran dan pengentasan kemiskinan.

Zainal Abidin mengapresiasi bantuan Pemerintah Provinsi Jambi terhadap UMKM di Kabupaten Kerinci, berupa bantuan permodalan dari program Satu Miliar Satu Kecamatan (Samisake).

Zainal Abidin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kerinci berusaha memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di Kabupaten Kerinci, mengingat peran dan fungsi UMKM yang sangat penting.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Kerinci, Drs. Rahminuddin dalam laporannya menyampaikan, jumlah UMKM di Kabupaten Kerinci 8.113, dengan jumlah aset Rp38 miliar, Serta 202 koperasi yang aktif.

Rahminuddin mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi yang telah memberikan bantuan permodalan UMKM dari Program Samisake Rp2 miliar lebih.

Dikatakan oleh Rahminuddin, 3 produk unggulan Provinsi Jambi, Batik Jambi, Sirup Kayu Manis, dan Dodol Kentang (2 diantaranya berasal dari Kabupaten Kerinci).

Rahminuddin mengungkapkan, kendala pengembangan UMKM di Kerinci adalah kekurangan modal, belum adanya tempat pertemuan berupa Pusat Layanan Usaha Terpadu, dan persoalan pemasaran, sembari berharap agar Pemerintah Provinsi Jambi bisa membantu memberikan solusi atas persoalan tersebut. (Adv)

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top