Jumat, 15 Desember 2017 |
FokusJambi - Peristiwa & Umum

Akibat Kemarau Panjang, Petani Terpaksa Tunda Tanam

Jumat, 16 Oktober 2015 | 14:38:04 WIB wib Dibaca: 288 Pengunjung

Laporan Wartawan Fokus Jambi

FOKUSJAMBI.COM, JAMBI - Akibat kemarau berkepanjangan yang terjadi di Provinsi Jambi, Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi memastikan akibat kemarau terjadinya tunda tanam dimana-mana. Seperti tunda tanam yang terbesar di daerah Tanjung Jabung Timur.

Hal tersebut dikatakan langsung boleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Jambi, Amrin Aziz, potensi lahan untuk ditanami di Tanjung Jabung Timur cukup luas sekitar 27 ribu hektar. Namun, yang berpotensi untuk bisa ditanami hanya sekitar 17 ribu hektar.

"Yang tidak bisa sama sekali, daerah pasang surut, air yang naik air asin. Potensinya banyak, 27 ribu hetar yang bisa 17 ribu hektar malah tak bisa tercapai," ujarnya.

Tunda tanam tersebut disebabkan di wilayah kabupaten Tanjab Timur tidak adanya potensi air yang bisa dijadikan sumber untuk mengaliri sawah terutama di musim kering. Sehingga musim tanam pun harus menunggu musim hujan.

"Kita tunda tanam banyak, tak bisa nanam, tahun ini luar biasa. Yang bisa kita lakukan cuma cetak sawah, jadi tahun ini, ada sekitar 1500 hektar tadi rencana 2000," katanya.

Amrin menjelaskan, saat ini yang dapat melakukan penanaman hanya di daerah yang memiliki potensi irigasi bagus, seperti di daerah Kerinci dan Sungai Penuh.

"Kecuali daerah irigasi, makanya kita usulkan coba bangun irigasi. Kita ada banyak potensi. Seperti di Merangin, Batang Merangin, di Bungo masih bisa kita manfaatkan untuk potensi irigasi dananya tersedia. Yang tidak bisa sama sekali Tanjab Timur dan Tanjab Barat airnya yang naik air asin, potensinya padahal banyak," tutupnya. (Tri)

LAINNYA

KOMENTAR DISQUS :

TABEL LIGA

Top