Sepak Bola - Gol Robben Pastikan Kemenangan Bayern di Final Liga Champions

Laporan Fokusjambi.com

FOKUSJAMBI.COM, LONDON - Bayern Munich menebus kegagalan di dua final Liga Champions dalam tiga musim dengan mengalahkan Borussia Dortmund 2-1 di pertandingan sesama tim Jerman pada Sabtu, untuk menjadi juara Eropa untuk kelima kalinya.

Gol dari pemain Kroasia Mario Mandzukic dan orang Belanda Arjen Robben, melalui upaya cerdik di menit ke-89, memastikan kemenangan di laga final setelah Dortmund mampu menyamakan kedudukan dengan penalti Ilkay Gundogan pada menit ke-68.

Kemenangan ini menjaga peluang Bayern untuk meraih tiga gelar dalam semusim tetap terbuka, ketika mereka telah memenangi gelar Liga Jerman dan akan menghadapi VfB Stuttgart pada final Piala Jerman di Berlin Sabtu depan.

"Ini adalah final, kami berada di level yang sama, kami memiliki peluang-peluang," kata Robben kepada televisi Jerman ZDF.

"Pada akhirnya saya mampu mendorong bola. Itu berarti banyak bagi saya. Ini sukar dipahami. Saya kelak akan mampu meletakkannya dalam kata-kata. Sekarang terdapat begitu banyak emosi, ini mengagumkan." "Maka banyak orang berkata bahwa saya akan mencetak gol malam ini. Beberapa peluang pertama gagal saya manfaatkan. Saya mendapat ksempatan lain pada akhirnya dan mengambil keuntungan dair situ." Pertandingan ini, yang dimainkan dengan kecepatan tinggi, dipenuhi sepak bola menyerang dan terlihat akan diteruskan ke babak perpanjangan waktu sampai Robben memanfaatkan celah di barisan pertahanan dan mengecoh kiper Dortmund Roman Weidenfeller untuk mencetak gol.

Kecepatan tinggi Dortmund memulai dengan kecepatan tinggi ketika mereka menguasai permainan selama hampir 30 menit, di mana Marco Reus dan Robert Lewandoski merepotkan barisan pertahanan Bayern.

Lewandowski mendapatkan peluang pertama dari tujuh peluangnya di babak pertama, melalui tembakn dari jarak 30 mete yang dapat ditepis kiper Manuel Neuer ke luar untuk menghasilkan tendanga penjuru.

Neuer juga melakukan penyelamatan bagus ketika kaki kirinya menghalangi Jakub Blaszczykowski mencetak gol dari jarak dekat setelah ia mendapat umpan dari Lewandowski.

Bayern ditekan pada awal pertandingan namun mereka mampu bangkit untuk menciptakan lima peluang mencetak gol - tiga peluang menjadi milik Roben yang semestinya dapat menyarangkan hatrik pada babak pertama.

Sentuhan buruk menggagalkan peluang pertama ketika ia hanya tinggal perlu menaklukkan Weidenfeller, dan sang kiper kembali menghentikan dia melepaskan tembakan ketika Robben menghadapi gawnag yang terbuka sebelum turun minum.

Weidenfeller juga menghentikan tandukan keras dari Mandzukic pada menit ke-26, dengan menepis bola dengan menggunakan jari-jarinya.

Kedua tim menjaga tempo tinggi sampai turun minum, dan kejutan satu-satunya adalah skor yang masih imbang setelah 45 menit mereka berdua memainkan sepak bola yang mengagumkan.

Pertandigan diteruskan pada babak kedua, di mana Bayern secara bertahap mulai mengendalikan permainan sedangkan Dortmund justru mengendur.

Dua gol pertama juga merefleksikan ini merupakan pertandingan yang layak ditonton, di mana Dortmund menyamakan kedudukan hanya delapan menit setelah Bayern mencetak gol.

Robben merupakan jantung gol pembuka, memberikan umpan silang terakhir bagi Mandzukic yang disambar dengan kaki kiri dari jarak dekat, namun keunggulan itu hanya bertahan delapan menit sebelum pelanggaran yang dilakukan Dante kepada Reus membuat Dortmund memperoleh penalti yang dapat dimanfaatkan dengan baik oleh Gundogan.

Pada akhirnya, keseimbangan bergeser ke jalur Bayern di mana Robben mencetak gol seorang diri yang membuat pelatih Bayern Jupp Heynckes menjadi sosok keempat yang memenangi Piala Eropa dengan dua klub, setelah memimpin Real Madrid meraih kejayaan serupa pada 1998.

"Kami bangga namun juga kecewa,"kata bek Dotmund Mats Hummels.

"Khususnya ketika Anda kalah pad amenit ke-89 dengan gol kebetulan seperti itu. Ini sangat pahit. Namun pada akhirnya ini terlihat seperti kami sedikit kelelahan dan Bayern mengambil keuntungan dari hal itu." (ant)

Share

Add comment


Security code
Refresh